Hasil Uji Coba Jelang Piala AFF 2020: Menang Banyak! Timnas Indonesia Bungkam Myanmar dengan Skor Telak

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Nov 2021, 23:19 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 23:21 WIB
Uji Coba - Timnas Indonesia Vs Myanmar
Uji Coba - Timnas Indonesia Vs Myanmar (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Antalya - Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 4-1 atas Myanmar pada laga uji coba jelang Piala AFF 2020 yang berlangsung di Emirhan Sport Center Stadium, Antalya, Kamis (25/11/2021) malam WIB. Kemenangan ini menjadi modal berharga buat skuat Garuda.

Pada laga ini, Timnas Indonesia tampil menekan lebih dulu pada menit ketiga melalui Witan Sulaeman. Namun, bola hasil sepakannya dari sisi kiri gawang masih bisa diantisipasi kiper Myanmar kawalan Pyae Lyan Aung.

Semenit berselang, Timnas Indonesia mampu memecah kebuntuan melalui aksi Ricky Kambuaya. Memanfaatkan umpan silang terukur dari Ezra Walian, Ricky Kambuaya kemudian menyundul bola ke pojok kiri gawang.

Timnas Indonesia kemudian menggandakan keunggulan melalui Irfan Jaya pada menit ke-12. Memaksimalkan umpan terobosan Alfeandra Dewangga, Irfan Jaya yang tanpa pengawalan berhasil menaklukkan kiper Myanmar dengan tendangan mendatar.

Setelah dua gol itu, Myanmar berusaha bangkit dan mengembangkan permainan. Namun, sejumlah upaya yang dihasilkan berhasil diantisipasi barisan pertahanan Timnas Indonesia.

Keasyikan menyerang, gawang Myanmar justru kebobolan lagi pada menit ke-33 melalui skema serangan balik. Berawal dari umpan Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah menaklukkan kiper Myanmar dengan tendangan mendatar.

Semenit berselang, Myanmar mencoba memberikan tekanan ke gawang Timnas Indonesia. Namun, peluang tersebut berhasil ditepis oleh kiper Muhammad Riyandi.

Timnas Indonesia hampir menambah keunggulan pada menit ke-39. Berawal dari umpan silang Ezra Walian, Witan Sulaeman gagal memaksimalkannya menjadi gol karena kesulitan menjangkau bola yang melebar dari sasaran. Hingga turun minum tak ada lagi gol tambahan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Foto: Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Pemain Persebaya Ini Tampil Impresif
Timnas Indonesia malah kembali membobol gawang Chinese Taipei saat telah memasuki injury time lewat serangan balik. Witan Sulaeman melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan sebelum akhirnya melepas tembakan mendatar yang mulus menggetarkan jala gawang Chinese Taipei. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia langsung tancap gas pada babak kedua. Ezra Walian hampir menambah keunggulan pada menit ke-49, namun bola hasil operan silang Ricky Kambuaya masih melebar tipis dari gawang Myanmar.

Memasuki menit 51', Myanmar menekan melalui kapten. Kali ini bola hasil sepakannya berhasil dijinakkan Riyadi dan menghasilkan tendangan sudut.

Timnas Indonesia mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-54 setelah pemain Myanmar menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Ezra Walian yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan dengan melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang Myanmar.

Pada menit ke-55, Timnas Indonesia berhasil kembali menjebol gawang Myanmar melalui Irfan Jaya. Namun gol tersebut dianulir karena Witan lebih dulu berada dalam posisi offside.

Myanmar akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-72, Myanmar melalui Maung Maung Lwin. Berawal dari tendangan bebas eksekusi Hlaing Bo Bo, Maung Maung Lwin melepaskan sundulan yang gagal diantisipasi Riyandi.

Timnas Indonesia berusaha menambah keunggulan pada menit ke-87 melalui Marckho Sandy. Sayangnya, bola hasil sepak kaki kanan yang dilakukan masih melebar dari gawang Myanmar. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol tambahan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Uji Coba - Timnas Indonesia Vs Myanmar - Head to Head Pelatih
Uji Coba - Timnas Indonesia Vs Myanmar - Head to Head Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper), Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan (belakang), Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya (tengah), Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Myanmar (4-4-2): Pyae Lyan Aung (kiper), Nyein Chan, Zaw Ye Tun, David Htan, Win Moe Kyaw (belakang), Hlaing Bo Bo, Maung Maung Lwin, Maung Maung Win, Yan Naing Oo (tengah), Suan Lam Mang, Aung Kaung Mann (depan).

Pelatih: Antoine Hey (Jerman).

Lanjutkan Membaca ↓