Sukses


    5 Catatan Kemenangan Timnas Indonesia Vs Myanmar 4-1: Ayo Kerja Keras Lagi, Vietnam dan Malaysia Menanti di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih kemenangan telak atas Myanmar dengan skor 4-1 pada laga uji coba jelang Piala AFF 2020 yang berlangsung di Emirhan Sport Center Stadium, Antalya, Kamis (25/11/2021) malam WIB.

    Kemenangan ini menjadi modal buat skuad Garuda menuju Piala AFF. Namun, tentunya modal ini belum cukup. Lawan yang dihadapi Timnas Indonesia kali juga bermain buruk. Sementara, ada dua tim ganas yang akan dihadapi di fase grup Piala AFF, Malaysia dan Vietnam

    Laga baru berjalan lima menit, Timnas Indonesia sudah mampu unggul lewat gol Ricky Kambuaya menyambut umpan Ezra Walian. Tujuh menit berselang, tim Merah-putih menggandakan keunggulan lewat aksi Irfan Jaya yang menyelesaikan assist Alfeandra Dewangga.

    Gelandang serang Ezra Walian ikut mencatatkan namanya di papan skor menit ke-33. Gol yang dicetaknya menyelesaikan umpan ciamik Ricky Kambuaya. Keunggulan Timnas Indonesia 3-0 atas Myanmar bertahan hingga waktu turun minum.

    Di paruh kedua, anak asuh Shin Tae-yong menambah satu gol lagi pada menit ke-55. Ezra Walian kembali mecatatkan namanya di papan skor melalui eksekusi penalti

    Gawang Timnas Indonesia yang dikawal Muhammad Riyandi kecolongan gol Myanmar oleh sundulan Hlaing Bo Bo, menit ke-73. Keunggulan Timnas Indonesia 4-1 atas Myanmar bertahan hingga laga bubar.

    Hasil ini menambah semangat skuad Timnas Indonesia yang akan bertarung di Piala AFF 2020 mulai 5 Desember 2021 mendatang. Sebelumnya, Rachmat Irianto dkk. beruji coba dengan Afghanistan dan menyerah 0-1.

    Menarik untuk dilihat adalah sejumlah fakta mengenai duel antara Timnas Indonesia kontra Myanmar yang baru saja digelar. Berikut ini ulasannya dari Bola.com:

    2 dari 6 halaman

    Kemenangan Kelima

    Uji coba yang dilakoni Timnas Indonesia kontra Myanmar di Turki, merupakan pertemuan kedelapan sejak tahun 2008. Timnas Indonesia sukses mencatatkan lima kemenangan.

    Myanmar baru dua kali mengalahkan Timnas Indonesia, dan satu pertandingan lainnya berakhir imbang. Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Myanmar terakhir kali pada 10 Oktober 2018.

     

    3 dari 6 halaman

    Sempat Terhenti

    Laga sempat dihentikan wasit pada menit ke-23, atau saat Timnas Indonesia masih unggul 2-0. Penyebabnya adalah lampu di Stadion harus menunggu dihidupkan.

    Karena langit di wilayah Antalya Turki mulai gelap. Namun penundaan pertandingan tidak lama. Hanya beberapa saat kemudian laga kembali dilanjutkan.

     

    4 dari 6 halaman

    Irfan Jaya Rajin Bobol Gawang Myanmar

    Irfan Jaya kembali menunjukkan kemampuannya sebagai pemain kunci Timnas Indonesia. Winger PSS Sleman ini mencatatkan namanya di papan skor untuk gol kedua pada menit ke-12.

    Pemain asal Sulawesi Selatan tersebut total sudah mengoleksi tiga gol ke gawang Myanmar. Dua gol lainnya pernah ia lesakkan saat Indonesia menang 3-0 atas Myanmar dalam uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, tahun 2018.

     

    5 dari 6 halaman

    Statistik Pemain

    Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian menjadi pemain paling banyak melakukan tendangan ke arah gawang, yaitu tiga kali. Pemain Persib itu juga dua kali sukses mengirimkan umpan silang.

    Pemain Myanmar, Hlaing Bo Bo paling banyak melakukan operan dengan catatan 32 passing ke rekannya. Bek Timnas Indonesia asal tim PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga juga mencatatkan hasil apik yaitu empat kali intersep dan enam kali sapuan di wilayah pertahanan.

     

    6 dari 6 halaman

    Statistik Lainnya

    Duel Timnas Indonesia melawan Myanmar memiliki beberapa catatan untuk statistik, selain skor akhir 4-1. Timnas Indonesia unggul penguasaan bola 56 persen berbanding 44 persen.

    Myanmar unggul raihan sepak pojok yakni 3 berbanding 2. Jumlah pelanggaran, Timnas Indonesia melakukan sebanyak 12 kali berbanding 6 kali milik Myanmar.

    Begitu juga tendangan ke arah gawang, Myanmar empat kali mengancam. Sementara Indonesia memiliki tujuh kali shot on target. Tendangan melebar, Myanmar unggul 3 berbanding dua.

    Timnas Indonesia lima kali terperangkap offside dalam pertandingan ini, sedangkan Myanmar nol. Untuk jumlah pelanggaran, Timnas Indonesia melakukan tujuh kali berbanding 11 kali yang dilakukan Myanmar.

    Timnas Indonesia melakukan 334 kali operan dan 77 persen di antaranya akurat. Sedangkan Myanmar melakukan 245 kali operan dan 80 persen akurat.

    Video Populer

    Foto Populer