Kemenangan Telak atas Myanmar Jadi Modal Berharga Timnas Indonesia Menuju Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 26 Nov 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 13:30 WIB
Foto: Timnas Indonesia Hajar Myanmar di Laga Uji Coba Jelang Piala AFF 2020
Pada laga kali ini Timnas Indonesia tampil apik dan efektif. Sementara Myanmar sendiri tampil kurang greget dan malah cenderung bermain keras dan kasar. (Dokumantasi PSSI)

Bola.com, Antalya - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut antusias kemenangan telak 4-1 yang diraih Timnas Indonesia atas Myanmar, Kamis (25/11/2021). Iriawan menyebut, kemenangan ini jadi modal berharga jelang tampil di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia meraih kemenangan perdana pada uji coba jelang Piala AFF 2020 di Antalya, Turki. Gol kemenangan Skuad Merah Putih dicetak Ricky Kambuaya (5'), Irfan Jaya (12'), Witan Sulaeman (33'), dan penalti Ezra Walian (54').

"Alhamdulillah luar biasa permainan yang apik ditampilkan timnas Indonesia pada laga ini dan sukses menang telak. Ini menjadi modal berharga jelang menghadapi Piala AFF 2020 mendatang," kata Mochamad Iriawan.

Meski demikian, Timnas Indonesia diminta tak cepat terlena dengan kemenangan besar itu. Iriawan meminta, Tim Merah Putih tetap fokus, kerja keras, dan disiplin.

"Saya minta pemain untuk terus fokus, kerja keras, disiplin dan ikuti intruksi pelatih. PSSI tentu mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi prestasi Timnas Indonesia," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Timnas Indonesia sejauh ini sudah melakoni dua laga uji coba jelang Piala AFF 2020. Timnas Garuda menelan kekalahan 0-1 dari Afghanistan (16/11/2021) dan menang telak 4-1 atas Myanmar (25/11/2021).

2 dari 3 halaman

Tetap Evaluasi

Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut ada beberapa evaluasi yang harus dilakukan setelah meraih kemenangan telak 4-1 atas Myanmar pada laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (dok. PSSI)

Pelatih Shin Tae-yong juga meminta anak asuhnya tidak cepat puas dengan kemenangan tersebut. Pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap akan melakukan evaluasi karena masih melihat adanya kesalahan-kesalahan dasar yang dilakukan pemain Timnas Indonesia.

"Terima kasih kepada pemain atas kemenangan ini, namun tetap ada evaluasi. Kemenangan telak atas Myanmar jelas membuat kepercayaan diri pemain semakin oke jelang mengikuti Piala AFF 2020 nanti," kata Shin Tae-yong.

"Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer. Hari ini kami juga memasukkan Cahya Supriadi sebagai kiper cadangan karena Syahrul Fadil dalam kondisi tidak oke," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 3 halaman

1 Laga Sisa

Foto: Timnas Indonesia Hajar Myanmar di Laga Uji Coba Jelang Piala AFF 2020
Timnas Indonesia berhasil melumat Myanmar 4-1 pada laga uji coba jelang Piala AFF 2020 di Emirhan Sports Arena, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021). (Dokumantasi PSSI)

Kemenangan atas Myanmar menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia menuju Piala AFF 2020. Sejauh ini, Timnas Merah Putih meraih satu kemenangan dan satu kekalahan dalam persiapan menuju Piala AFF.

Pasukan Shin Tae-yong memiliki satu laga uji coba sisa dalam pemusatan latihan di Turki. Pada laga selanjutnya, Evan Dimas dkk. akan menghadapi klub Turki,  Antalyanspor, pada Minggu, 28 November 2021.

Setelah itu, Timnas Indonesia masih akan melakukan pemusatan latihan di Turki. Rencananya, rombongan bakal langsung bertolak ke Singapura pada awal Desember 2021.   

Lanjutkan Membaca ↓