Bukan di Piala AFF 2020, 4 Pemain Naturalisasi Siap Bela Timnas Indonesia pada Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 27 Nov 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 15:30 WIB
Foto: 4 Pemain Keturunan yang Siap Dinaturalisai, Mees Hilgers Berpeluang Paling Cepat Memperkuat Timnas Indonesia
Empat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa telah diajukan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi agar bisa membela Timnas Garuda. Dari keempatnya, Mees Hilgers berpeluang paling cepat, karena sama sekali belum pernah berseragam Timnas negara lain. (twitter@fctwente)

Bola.com, Jakarta - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, yakin proses naturalisasi keempat pemain untuk Timnas Indonesia rampung pada 2022. Hasani Abdulgani menilai keempatnya bakal tersedia pada Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

PSSI saat ini sedang berupaya untuk menaturalisasi keempat pemain untuk Timnas Indonesia. Mereka yang masuk dalam daftar adalah Sandy Walsh, Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgers. Artinya keempat pemain ini belum akan bermain di Piala AFF 2020. 

Namun, untuk melakukan proses naturalisasi tentu membutuhkan proses yang tak mudah. Diharapkan proses tersebut rampung pada 2022 sehingga mereka sudah bisa membela Timnas Indonesia pada Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Juni 2022.

"Kalau untuk Pra Piala Asia waktunya cukup. Namun, sekali lagi hanya Tuhan dan yang lain yang tahu," kata Hasani Abdulgani sembari tertawa kepada Bola.com.

"Saya tidak bisa memastikan karena masalah gini kan dibilang mudah ya mudah, dibilang susah ya susah," tegas Hasani Abdulgani.

Saat ini PSSI disebut sedang dalam tahap mempelajari dokumen dari keempat pemain yang akan dinaturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Dari keempat nama, hanya Kevin Diks yang belum menyatakan ketertarikan secara lisan untuk membela skuat Merah Putih.

2 dari 3 halaman

Bukan di Piala AFF

Sandy Walsh
Sandy Walsh saat ini masih menunggu proses naturalisasinya rampung sehingga bisa membela Timnas Indonesia. (Instagram/@sandywalsh)

Selain waktu yang mepet, PSSI memang tidak berusaha untuk menaturalisasi keempat pemain tersebut agar membela Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Situasi itu terjadi karena Piala AFF bukan masuk dalam kalender FIFA Matchday.

"Kalau AFF bukan kalender FIFA, jadi kalau bukan kalender FIFA jangan pernah terpikir pemain yang bermain di Eropa bisa membela Timnas. Hanya mereka yang bermain di Piala AFF itu pemain lokal dengan kondisi seperti hari ini," ucap Hasani Abdulgani.

"Kalau kita sudah berbicara pemain Eropa yang ingin didatangkan ke dalam negeri itu artinya harus menyesuaikan dengan kalender FIFA. Kalau tidak mereka tak akan memberikan pemain tersebut," lanjutnya. .

3 dari 3 halaman

Cuma 4

Foto: 4 Pemain Keturunan yang Siap Dinaturalisai, Mees Hilgers Berpeluang Paling Cepat Memperkuat Timnas Indonesia
Jordi Amat. Bek tengah KAS Eupen di Liga Belgia ini memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Sulawesi Selatan. Ia juga pernah memperkuat Espanyol, Rayo Vallecano, Swansea City dan Real Betis. Di level timnas, ia pernah memperkuat Timnas Yunior Spanyol. (AFP/Benjamin Cremel)

Hasani Abdulgani juga memastikan pelatih Shin Tae-yong belum memberikan daftar tambahan pemain yang akan dinaturalisasi. Jadi, sejauh ini hanya empat nama yang akan diproses oleh PSSI.

"Kalau pemain yang keturunan Indonesia banyak. Data pemain saya lihat di PSSI lumayan banyak," ucap Hasani Abdulgani.

"Akan tetapi, kami bekerja berdasarkan permintaan pelatih kepala. Dia baru meminta 4 pemain itu. Ya sudah kita mengusahakan pemain itu," lanjutnya. 

Lanjutkan Membaca ↓