Sukses


    Untuk Pertama Kalinya Sejak 1998, Persija Terancam Tanpa Wakil di Timnas Indonesia pada Piala AFF

    Bola.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya sejak 1998, Persija Jakarta terancam tidak mewaikili pemainnya ke Timnas Indonesia di Piala AFF. Mengapa demikian?

    Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 di Singapura. Untuk mewujudkan misi membawa pulang trofi, tim berjuluk Skuad Garuda itu menggelar persiapan di Turki selama dua pekan lebih.

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk pemusatan latihan di Turki, yang mengerucut menjadi 25 nama karena Syahrian Abimanyu mengalami cedera.

    Dari jumlah itu, nihil pemain dari Persija Jakarta.

    Sebanyak 25 pemain plus Abimanyu diproyeksikan sebagai materi Timnas Indonesia untuk Piala AFF. Shin Tae-yong tinggal memanggil empat nama tambahan untuk menggenapi skuadnya menjadi 30 pemain sesuai batas maksimal.

    Sampai saat ini, Shin Tae-yong tidak kunjung mengumumkan 30 nama pemain Timnas Indonesia, meski para peserta terutama pesaing seperti Thailand hingga Malaysia telah melakukannya.

    Sejak Piala AFF 1998 atau edisi kedua, Persija rutin mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia. Mulai era Widodo C. Putro hingga Andritany Ardhiyasa. Bahkan nama terakhir selalu berkiprah dalam dua edisi terakhir turnamen bergengsi antarnegara ASEAN itu.

    Dalam edisi terakhir Piala AFF pada 2018, Persija Jakarta berkontribusi dua pemain ke Timnas Indonesia. Keduanya adalah Andritany Ardhiyasa dan Riko Simanjuntak.

    Namun, seusai Timnas Indonesia ditangani oleh Shin Tae-yong, keduanya mulai kehilangan tempat di Skuad Garuda.

    2 dari 4 halaman

    Serahkan kepada Shin Tae-yong

    Sebelum memasuki persiapan Piala AFF, Shin Tae-yong sebenarnya sering memanggil pemain Persija Jakarta. Osvaldo Haay, Braif Fatari, dan Taufik Hidayat kerap keluar-masuk Skuad Garuda.

    Namun, Osvaldo Haay malah indisipliner di Timnas Indonesia. Winger berusia 23 tahun itu mangkir dari panggilan Shin Tae-yong pada September 2021.

    Braif juga kerap absen dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia karena mengalami cedera. Sementara itu, Taufik belum dipercaya lagi oleh Shin Tae-yong setelah pemanggilan terakhir untuk Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand pada Oktober 2021.

    Direktur Persija, Ferry Paulus mencoba menelaah mengapa tim ibu kita tidak mengirimkan wakilnya ke Timnas Indonesia.

    "Saya tidak tahu apakah dinamika dalam pemusatan latihan berikutnya, akan ada pemain Persija. Yang pasti, beberapa waktu lalu ada pemain yang dibidik, namum pemain-pemain ini sedang cedera," kata Ferry.

    "Seperti Osvaldo dan Braif. Timnas Indonesia juga sempat mencoba Taufik. Setelah itu, Taufik pulang, namun Osvaldo dan Braif tidak bisa bergabung dengan timnas."

    "Kalau melihat performa pada beberapa pertandingan terakhir, rasanya butuh waktu untuk mereka bisa kembali ke top performanya."

    "Lebih dari itu, ini menjadi wewenang dari Shin Tae-yong. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan, entry by name untuk Piala AFF sudah harus PSSI putuskan. Kita tunggu saja," jelasnya.

    Namun, Persija masih punya peluang berkontribusi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF. Status Ryuji Utomo menjadi keuntungan buat Macan Kemayoran. Bek berusia 26 tahun itu segera kembali ke tim ibu kota dari klub Malaysia, Penang FC.

    Ketika dipanggil Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki, Ryuji masih menjadi bagian dari Penang FC sebagai pinjaman dari Persija.

    3 dari 4 halaman

    Distribusi Pemain Persija untuk Timnas Indonesia di Piala AFF

    Piala AFF 1996: -

    Piala AFF 1998: Widodo C. Putro, Miro Baldo Bento, Nur'alim, Rochi Putiray

    Piala AFF 2000: Budiman Yunus, Nur'alim, Bambang Pamungkas, Rochi Putiray

    Piala AFF 2002: Nur'alim, Imran Nahumarury, Gendut Doni, Bambang Pamungkas

    Piala AFF 2004: Ismed Sofyan, Elie Aiboy, Agus Indra, Aris Indarto, Mukti Ali Raja

    Piala AFF 2007: Ismed Sofyan, Atep, Agus Indra

    Piala AFF 2008: Muhammad Roby, Aliyudin, Ponaryo Astaman, Ismed Sofyan, Muhammad Ilham, Bambang Pamungkas

    Piala AFF 2010: Muhammad Nasuha, Tony Sucipto, Bambang Pamungkas

    Piala AFF 2012: Bambang Pamungkas

    Piala AFF 2014: Ramdani Lestaluhu

    Piala AFF 2016: Andritany Ardhiyasa, Gunawan Dwi Cahyo

    Piala AFF 2018: Riko Simanjuntak, Andritany Ardhiyasa

    4 dari 4 halaman

    Klasemen Sementara Persija di BRI Liga 1

    Video Populer

    Foto Populer