Fakta Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Wajib Waspada, Vietnam Boyong 14 Jawara!

Oleh Gregah Nurikhsani pada 01 Des 2021, 19:25 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 19:25 WIB
Nguyen Tien Linh (Timnas Vietnam U-23)
Nguyen Tien Linh mencetak gol ke gawang Korea Utara di penyisihan Grup D Pialaa AFC U-23 2020 di Stadion Buriram (16/1/2020). (Bola.com/Dok. AFC)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia wajib waspada. Pasalnya, juara bertahan Vietnam merombak susunan pemainnya pada Piala AFF 2020 dengan membawa serta 14 penggawa yang mengangkat trofi pada edisi 2018.

Timnas Vietnam bisa dikatakan sebagai lawan paling berat bagi Indonesia di Piala AFF 2020. Apalagi, The Golden Star tampil di Piala AFF dengan status sebagai juara bertahan.

Vietnam selalu menang pada dua laga terakhir lawan Indonesia. Vietnam punya ranking FIFA lebih baik. Vietnam juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Vietnam dan Indonesia berada di grup yang sama pada Piala AFF 2020. Selain kedua negara, Malaysia, Laos, dan Kamboja juga akan meramaikan persaingan di Grup B Piala AFF 2020.

2 dari 6 halaman

Hanya Dua Debutan

Timnas Vietnam
Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 setelah menang 1-0 atas Malaysia, Sabtu (15/12/2018) di Stadion My Dinh, Hanoi. Vietnam unggul agregat gol 3-2. (AFP/Manan Vatsyayana)

Park Hang-seo hanya membawa dua pemain debutan untuk Piala AFF. Dua nama tersebut adalah penjaga gawang Quan Van Chuan dan dan penyerang Tran Van Dat. Keputusan yang mengejutkan dari Hang-seo.

Pemilihan Quan Van Chuan menjadi sangat menarik karena dua hal. Pertama, dia baru berusia 20 tahun. Kedua, dia bermain untuk klub V.2 (kompetisi kasta kedua).

Sementara, bagi Nguyen Tuan Anh, ini akan menjadi Piala AFF pertamanya. Dia sudah bermain untuk Timnas sejak 2016. Tapi, absen pada Piala AFF 2016 dan 2018 karena cedera.

3 dari 6 halaman

14 Pemain Juara

Timnas Thailand vs Timnas Vietnam
Duel pemain Vietnam, Que Ngoc Hai, dengan gelandang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, saat kedua tim bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Thammasat Stadium (5/9/2019). (AFP/Chalinee Thirasupa)

Park Hang-seo membawa skuad terbaik di Piala AFF. Walau menyisipkan beberapa pemain U-23, Park Hang-seo tetap membawa wajah-wajah lama sudah membawa Vietnam menjadi juara pada Piala AFF 2018 lalu.

Sebanyak 14 pemain yang membawa Vietnam juara Piala AFF 2018 masuk dalam skuad edisi 2020 ini. Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai, dan Tran Dinh Trong yang bermain di final edisi sebelumnya masih akan menjadi pemain kunci.

Hanya saja, Vietnam kehilangan kiper andalan Dang Van Lam yang mengalami cedera dan harus melewatkan Piala AFF 2020.

4 dari 6 halaman

Rombak Kiper

Vietnam vs Indonesia3_Kualifikasi Piala Dunia 2022
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kanan), harus berjibaku menghentikan aliran bola sayap Vietnam yang cukup cepat. Vietnam langsung memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia, melalui kedua sayap di kanan dan kirinya sejak menit pertama. (Foto: Dok. PSSI)

Park Hang-seo memang tidak membawa banyak debutan dan masih percaya pada wajah lama. Tapi, catatan menarik terjadi pada posisi penjaga gawang. Park Hang-seo merombak total susunan kiper.

Tidak satu nama pun yang tampil di Piala AFF 2018 kembali dipanggil untuk tampil di Piala AFF 2020. Tiga nama yang dipanggul Park Hang-seo adalah Bui Tan Truong, Nguyen Van Hoang, Tran Nguyen Manh, dan Quan Van Chuan.

Tan Truong sekaligus menjadi pemain paling senior di skuad Vietnam untuk Piala AFF. Usianya sudah 35 tahun. Tan Truong diprediksi bakal menjadi pilihan utama.

5 dari 6 halaman

Calon Juara

Timnas Vietnam
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, kabarnya akan menggunakan delapan pemain U-23 untuk memperkuat skuad senior di Piala AFF 2020. (AFP/Mohd Rasfan)

Gabriel Tan, pandit sepak bola Asia Tenggara, melihat Vietnam sebagai calon kuat juara Piala AFF 2020 ini. Gabriel Tan merasa 30 pemain pilihan Pakr Hang-seo punya kualitas yang mumpuni.

"Vietnam adalah kandidat yang baik untuk mempertahankan posisi raja sepak bola Asia Tenggara di Piala AFF mendatang. Quang Hai dan Tien Linh akan menjadi pemain kunci Vietnam," kata jurnalis ESPN itu. 

6 dari 6 halaman

Daftar Pemain Vietnam di Piala AFF 2020

Timnas Vietnam
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, kabarnya akan menggunakan delapan pemain U-23 untuk memperkuat skuad senior di Piala AFF 2020. (AFP/Vatsyayana)
  • Kiper: Bui Tan Truong, Nguyen Van Hoang, Tran Nguyen Manh, Quan Van Chuan.
  • Belakang: Do Duy Manh, Tran Dinh Trong, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh, Le Van Xuan, Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Ho Tan Tai, Lakukan Thanh Thinh.
  • Gelandang: Nguyen Quang Hai, Pham Duc Huy, Do Hung Dung, Luong Xuan Truong, Tran Minh Vuong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc.
  • Penyerang: Nguyen Van Toan, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh, Tran Van Dat.

Sumber: Laodong

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 1/12/2021)

Lanjutkan Membaca ↓