Sukses


    Jalan Berliku Ezra Walian ke Timnas Indonesia Piala AFF 2020: Tak Sia-sia 2 Tahun Menunggu, Dari Era Luis Milla ke Shin Tae-yong

    Bola.com, Jakarta - Ezra Walian akhirnya lega. Ia kini masuk daftar skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020.

    Ezra menempuh perjalanan panjang untuk berbaju Timnas Indonesia senior. Setelah dua tahun, polemik Ezra Walian akhirnya tuntas. PSSI mendapatkan lampu hijau dari FIFA terkait status pemain Persib Bandung itu.

    FIFA telah mengesahkan perpindahan asosiasi Ezra Walian dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Striker kelahiran Amsterdam, Belanda itu dapat membela Timnas Indonesia di kalender FIFA.

    Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, menyambut hangat kejelasan status Ezra Walian. Menurutnya, keberadaan eks penyerang Timnas Belanda U-17 itu dapat memperkaya pilihan di sektor depan timnya.

    "Yang pasti, ini menjadi kabar yang baik karena akan menjadi banyak opsi untuk lini depan Timnas Indonesia," kata Nova Arianto kepada Bola.com.

    Selain Ezra Walian, komposisi lini depan Timnas Indonesia untuk piala AFF 2020 diisi oleh Kushedya Yudo, Hanis Saghara Putra.

    2 dari 5 halaman

    Mei 2017: Resmi Jadi WNI

    Ezra Walian resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah status kewarganegaraannya dikukuhkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi DKI Jakarta, Kamis (18/5/2017) siang.

    Ezra Walian dikukuhkan status kewarganegaraannya oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Endang Sudirman, mulai pukul 13.50.

    Ezra mengungkapkan sumpah dan janji sebagai Warga Negara Indonesia bersama sang ayah, Glen Walian, dan empat warga negara Indonesia baru lainnya.

    3 dari 5 halaman

    Tampil di SEA Games 2017

    Ezra Walian membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Kala itu, skuad Garuda Muda ditangani Luis Milla.

    Ezra Walian mencatat satu gol dalam ajang dua tahunan tersebut, yakni saat Indonesia bersua Kamboja pada babak penyisihan grup B. Sayangnya, Indonesia gagal melaju ke final setelah dikalahkan Malaysia pada semifinal

    Indonesia merebut medali perunggu setelah menumbangkan Myanmar 3-1 pada perebutan tempat ketiga.

    4 dari 5 halaman

    Menunggu Dua Tahun

    Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan, Ezra Walian membutuhkan waktu dua tahun untuk memperkuat Timnas Indonesia di kalender internasional. Pasalnya, penyerang PSM Makassar itu masih terganjal peraturan dari FIFA.

    "Kenapa PSSI tidak urus Ezra Walian? Tidak bisa diurus. Harus menunggu salama dua tahun. Jangan salahkan PSSI kenapa tidak urus dia. Karena aturannya begitu," kata Indra Sjafri.

    5 dari 5 halaman

    Juni 2021: Bisa Bela Timnas Indonesia

    Permohonan PSSI terkait Ezra Walian telah dikabulkan FIFA. Dengan begitu, bomber naturalisasi itu bisa membela Timnas Indonesia.

    Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memastikan FIFA melalui Komite Status Pemain telah mengesahkan proses naturalisasi Ezra Walian.

    Sebelumnya, PSSI saling berkirim surat dengan Komite Status Pemain FIFA. Isi pembahasannya adalah menyangkut kemungkinan Ezra Walian membela Timnas Indonesia.

    Yunus Nusi menerangkan, FIFA telah mengirimkan surat keputusan untuk PSSI pada Senin (14/6/2021) dan mempersilakan striker kelahiran Amsterdam, Belanda itu untuk bermain pada kalender FIFA.

    Video Populer

    Foto Populer