Sukses


    Piala AFF 2020: Spasojevic Tidak Masuk Timnas Indonesia, Teco Hormati Keputusan Shin Tae-yong

    Bola.com, Jakarta - Sebanyak 30 pemain sudah diumumkan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Satu hal yang jadi sorotan adalah tidak dipanggilnya bomber Bali United, Ilija Spasojevic.

    Seluruh pemain Timnas Indonesia semua sudah bertolak ke Singapura. Tiga dari 30 pemain itu berasal dari Bali United, yakni Nadeo Arga Winata, I Kadek Agung Widnyana Putra, dan Yabes Roni Malaifani.

    Tapi masih ada yang membekas dihati suporter. Kenapa tidak ada nama Ilija Spasojevic yang dipanggil oleh Shin Tae-yong? Padahal dia sudah melesakkan 12 gol sepanjang BRI Liga 1 2021/2022.

    Mencetak brace kala menghadapi Persiraja Banda Aceh seperti menjadi sinyal jika dia layak untuk menjadi target man Timnas Indonesia. Tapi sepertinya strategi Shin Tae-yong tidak ada nama Ilija Spasojevic.

    Jika diamati, pelatih asal Korea Selatan itu lebih senang dengan pemain muda dan mengandalkan fisik serta kecepatan bermain. Konsep dan gaya permainan khas Korea Selatan pun dianutnya.

    Makanya Shin Tae-yong memilih Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Ezra Walian, dan Kushedya Hari Yudo sebagai empat juru gedor yang diboyong menuju Singapura.

     

    2 dari 3 halaman

    Hanya Shing Tae-yong yang Tahu

    Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto bahkan tidak bisa berbicara banyak mengenai tidak masuknya nama Spaso. “Hanya Coach Shin Tae-yong yang bisa memberikan pernyataan terkait tidak dipanggilnya Spaso ke Timnas Indonesia,” ucapnya kepada Bola.com, Rabu (1/12/2021).

    Tujuh bulan terakhir, Spaso melewatkan beberapa kesempatan bersama Timnas Indonesia mulai dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia hingga fase play-off kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021 lalu.

    Padahal, ini bisa jadi momen pas buat Spasojevic menunjukkan kapasitasnya sebagai juru gedor mematikan di Indonesia.

     

    3 dari 3 halaman

    Teco Ajak Semua Pihak Hormati Keputusan STY

    Untuk itu, suporter Bali United dan masyarakat Indonesia harus legowo dengan keputusan Shin Tae-yong. Pelatih Bali United Stefano Teco Cugurra pun melakukan hal yang sama.

    Dia mengaku menghormati segala keputusan apapun yang dibuat Shin Tae-yong. Kabar baiknya jelas Spaso bisa membela Bali United di tiga pertandingan terakhir seri keempat.

    Kebetulan Serdadu Tridatu akan menghadapi tiga wakil Jawa Timur di pekan ke-15 hingga 17. Mereka adalah Arema FC, Madura United, dan Persebaya Surabaya.

    “Kami harus respek dan saling mendukung tentang keputusan dari pelatih Timnas. Spaso sudah pernah latihan dengan Timnas tahun ini dan pelatih (Shin Tae-yong) sudah pernah lihat dia. Kemungkinan sistem yang dia pakai, tidak cocok dengan pemain bertipikal target man seperti Spaso. Saya lihat di Timnas ada banyak striker bagus dan jadi pilihan mereka,” tutup Teco.

    Video Populer

    Foto Populer