Sukses


    Filipina Diperkuat 19 Pemain Keturunan di Piala AFF 2020: Termasuk Kiper yang Pernah Trial di Liverpool

    Bola.com, Jakarta - Perburuan trofi juara Piala AFF 2020 bakal dimulai pada 5 Desember 2021. Sebanyak 10 tim yang terbagi dalam dua grup sudah mempersiapkan diri untuk bersaing jadi yang terbaik.

    Satu di antaranya adalah Filipina yang tergabung di Grup A bersama Myammar, Timor Leste, Thailand, dan tuan rumah Singapura. Tim berjulukan The Azkals itu pantas disebut kuda hitam yang bisa memupus ambisi para pesaingnya di Piala AFF 2020.

    Alasannya, Timnas Filipina menjadi tim yang paling banyak memakai jasa pemain keturunan, yakni 19 orang. Mulai dari Quincy Kammeraad, Kevin Ray Mendoza, Bernd Schipmann, Christian Rontini, Jesper Nyholm, dan Martin Steuble.

    Selain itu, ada juga Jefferson Tabinas, Oliver Bias, Kenshiro Daniels, Harry Foll, Kevin Ingreso, Oskari Kekkonen, Amin Nazari, Mike Ott, Iain Ramsay, Stephan Schrock, Angel Guirado, Bienvenido Maranon dan Patrick Reichelt.

    Dari 19 nama tersebut menarik untuk ditunggu penampilan Kevin Ray. Kiper kelahiran Herning, Denmark, 29 September 1994 itu kini berkostum Kuala Lumpur City yang baru saja meraih trofi juara Piala Malaysia 2021.

    Pada final yang berlangsung di Bukit Jalil National Stadium, 30 November 2021, Mendoza bersama Kuala Lumpur City mengalahkan Johor Darul Ta'zim dengan skor 2-0.

    Bagi Mendoza, trofi juara Piala Malaysia 2021 itu merupakan sukses perdana dalam karier profesionalnya yang dimulai dengan berkostum Viborg FF, klub Liga Utama Denmark.

    Mendoza direkrut dari tim junior Viborg sebagai kiper pelapis jelang musim 2011/2022. Ia kemudian menjalani debutnya bersama Viborg FF menghadapi FC West Zealand pada akhir musim, 10 Juni 2021.

     

    2 dari 3 halaman

    Trial Di Liverpool

    Aksi Mendoza bersama Viborg sempat mencuri perhatian pemandu bakat Liverpool. Ia pun mendapat kesempatan menjalani trial pada Februari 2013 selama sepekan.

    Sayangnya, Mendoza yang saat itu baru berusia 19 tahun gagal menjadi bagian dari Liverpool. Ia pun kembali ke Viborg sampai 2014.

    Selepas dari Viborg, Mendoza berturut-turut berkostum Ringkobing, Thisted, Horsens, HB Koge dan Vendsyssel FF. Semua tim ini berkiprah di kompetisi Dennmak.

    Jelang Liga Super Malaysia 2021, Mendoza memulai petualanganya di luar Denmark setelah menerima tawaran Kuala Lumpur City. Di kompetisi kasta tertinggi Malaysia itu, Mendoza tampil penuh pada 22 laga bersama Kuala Lumpur City.

     

    3 dari 3 halaman

    Kiprah Di Timnas Filipina

    Mendoza resmi berstatus warga negara Filipina lewat jalur keturunan pada Desember 2018. Namanya pun masuk daftar pemain Timnas Filipina pada Piala Asia 2019, tetapi gagal tampil di ajang itu.

    Mendoza baru melakoni debutnya bersama The Azkals pada 15 Juni 2021 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Maladewa. Pada laga yang berakhir dengan skor 1-1 itu, Kevin Ray Mendoza masuk di awal babak kedua menggantikan Bernd Dizon Schipmann.

    Pada Piala AFF 2020, Filipina akan memulai kiprahnya di Grup A menghadapi tuan rumah Singapura di National Stadium, 8 Desember 2021. Setelah itu, tim asuhan Scott Cooper tersebut berturut-turut menghadapi Timor Leste (11/12/2021), Thailand (14/11/2021), dan Myammar (18/12/2021).

    Video Populer

    Foto Populer