3 Cara yang Dilakukan Shin Tae-yong Agar Timnas Indonesia Bisa Menjuarai Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Des 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 05 Des 2021, 09:30 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Shin Tae-yong
Timnas Indonesia - Ilustrasi Shin Tae-yong (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2020 akan digelar dalam hitungan hari yakni mulai 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Ajang ini menjadi yang dinanti-nanti oleh Timnas Indonesia dan tim peserta lainnya.

Piala AFF 2020 menjadi edisi tunda yang seharusnya digelar tahun lalu. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia membuat turnamen elite Asia Tenggara itu diundur setahun.

Piala AFF 2020 juga menjadi yang pertama buat pelatih Shin Tae-yong. Turnamen ini jadi tolok ukur kesuksesan Shin Tae-yong bila bisa memberikan gelar. Maklum, skuat Merah Putih sudah lima kali dibuat penasaran karena kalah di final Piala AFF.

"Ini partisipasi pertama saya dalam turnamen ini. Suatu kehormatan untuk saya bisa berada dalam turnamen dengan gairah yang luar biasa," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pembuka turnamen, Sabtu (4/12/2021).

"Saya senang bertemu dengan teman-teman baru dari negara-negara ASEAN dengan semangat fair play. Saya sangat menantikan turnamen ini," ucap Shin Tae-yong.

Persiapan Timnas Indonesia menuju Piala AFF 2020 cukup panjang yakni selama sebulan lebih menggelar pemusatan latihan di Turki. Lantas, cara apa saja yang dilakukan Shin Tae-yong untuk bisa memberikan gelar perdana buat Timnas Indonesia?

2 dari 4 halaman

Ubah Mindset

Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, dan Kadek Agung ketika Timnas Indonesia melawan Oman di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).
Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, dan Kadek Agung ketika Timnas Indonesia melawan Oman di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). (PSSI)..

Shin Tae-yong memang tak sesumbar terkait target juara yang diusung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Namun, pola pikir selayaknya juara ternyata sudah ditanamkannya pada pemain.

Shin Tae-yong menggembleng mental pemain agar sudah berpikir sebagai calon juara. Dengan itu, Shin Tae-yong yakin para pemain akan bermain habis-habisan pada setiap pertandingan.

"Soal Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, itu belum dapat dipastikan. Namun, Timnas Indonesia akan bekerja keras dalam setiap pertandingan dengan berpikir kami adalah calon juara," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Menuntut Lebih

Foto: Imbangi Skuat Gajah Putih, Timnas Garuda Raih Poin Pertamanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Akhirnya pada menit ke-59, Evan Dimas berhasil memaksa Kiper Thailand, Siwarak Tedsungoen, memungut bola dari gawangnya. Umpan terobosan ciamik Egy Maulana ke kotak pinalti berhasil dituntaskan Evan Dimas yang lolos dari jebakan offside. Indonesia Imbang 2-2 atas Thailand. (Foto: Dok. PSSI)

Shin Tae-yong tak pernah merasa puas dengan penampilan Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu selalu menuntut lebih dari pemain meskipun sudah meraih kemenangan.

Sikap ini sudah ditanamkan Shin Tae-yong sejak awal menukangi Timnas Garuda. Para pemain akhirnya terbiasa dengan sikap tidak cepat puas dan selalu memotivasi diri untuk memberikan yang terbaik di lapangan.

"Saya senang dan puas dengan hasil kemenangan telak. Namun, secara permainan masih kurang. Kami juga punya catatan evaluasi untuk para pemain. Kami harus memperbaiki mental dan menjaga semangat mereka," ucap Shin Tae-yong usai kemenangan 4-0 atas Antalyaspor.

4 dari 4 halaman

Perbaiki Hal Dasar

Foto: Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Pemain Persebaya Ini Tampil Impresif
Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia unggul dengan skor agregat 5-1 mengingat sebelumnya memetik kemenangan 2-1 di leg pertama, Kamis (7/9/2021). (Dok. PSSI)

Shin Tae-yong tak ragu membenahi hal-hal dasar pada sepak bola yang masih terlihat di Timnas Indonesia. Situasi itu diyakini Shin Tae-yong bisa memperbaiki masalah di Timnas Indonesia.

Contohnya adalah pembenahan passing yang dilakukan Shin Tae-yong pada pemusatan latihan di Turki lalu. Shin Tae-yong yakin, kemampuan pemain Timnas bakal meningkat bila mampu membenahi masalah dasar.

"Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer. Kami melakukan banyak latihan untuk mengurangi kesalahan passing. Jadi, saya ingin bicara kepada para pemain agar lebih fokus untuk mengurangi pass missed," ucap Shin Tae-yong.

Lanjutkan Membaca ↓