Sukses


    Jelang Hadapi Kamboja di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Dihantui Catatan Buruk Laga Perdana

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Melakoni duel ini, Skuad Merah Putih dihantui catatan buruk pada duel pembuka Piala AFF.

    Timnas Indonesia ternyata selalu gagal menang dalam pertandingan pembuka Piala AFF. Catatan buruk itu telah terjadi sejak edisi 2012 sampai saat ini.

    Artinya, sudah dalam empat edisi laga perdana di Piala AFF, Timnas Indonesia gagal menang. Pada edisi 2012, Indonesia ketika itu diimbangi Laos dengan skor 2-2 (25/11/2012).

    Hasil serupa dengan skor identik terjadi pada partai pembuka Piala AFF 2014. Timnas Indonesia ketika itu ditahan Vietnam dengan skor 2-2 (22/11/2014).

    Adapun pada laga perdana Piala AFF 2016, Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand (19/11/2016). Kekalahan juga terjadi pada pertandingan perdana Piala AFF 2018 di mana Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura (9/11/2018).

    Sementara itu, Timnas Indonesia sebelumnya punya catatan apik pada laga pembuka Piala AFF/Piala Tiger. Pada edisi perdana 1996 sampai 2010, Timnas Indonesia sukses memenangi tujuh pertandingan dan sekali imbang pada partai pembuka turnamen.

    Piala AFF 2020 menjadi momentum bagi Timnas Indonesia untuk bisa memutus catatan buruk pada laga perdana turnamen. Apalagi, laga pembuka selalu krusial dalam sebuah turnamen.

    2 dari 3 halaman

    Bidik Poin Penuh

    Gelandang Timnas Indonesia, Ezra Walian, menyebut laga pembuka Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja (9/12/2021), sangat penting. Ezra bertekad membantu Tim Merah Putih meraih poin penuh dalam laga tersebut.

    "Kami harus menunjukkan kesiapan pada turnamen ini. Kami butuh tiga angka pada pertandingan pertama, karena laga pertama pada sebuah turnamen selalu penting," kata Ezra Walian.

    Menurut Ezra, kemenangan pada laga perdana bakal membuat Timnas Indonesia semakin berkembang. Pemain berusia 24 tahun itu berharap, seluruh pemain bisa memberikan penampilan terbaik pada pertandingan nanti.

    "Saya berharap kami memenangi laga pertama dan semakin berkembang pada turnamen ini. Kami berlatih sangat keras dan itu untuk meningkatkan mentalitas, tubuh, dan kebugaran. Kami sudah siap," tegas pemain Persib Bandung itu.

    3 dari 3 halaman

    Sambut Antusias

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut antusias perhelatan Piala AFF 2020. Ini menjadi edisi pertama bagi Shin Tae-yong memimpin skuat Garuda di ajang dua tahunan tersebut.

    "Ini partisipasi pertama saya dalam turnamen ini. Suatu kehormatan untuk saya bisa berada dalam turnamen dengan gairah yang luar biasa," ucap Shin Tae-yong.

    "Saya senang bertemu dengan teman-teman baru dari negara-negara ASEAN dengan semangat fair play. Saya sangat menantikan turnamen ini," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

    Video Populer

    Foto Populer