Sukses


    Pelatih Malaysia dan Vietnam Kompak Khawatirkan Kesehatan Mental Pemain di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengkhawatirkan kesehatan mental pemainnya di Piala AFF 2020. Situasi itu terjadi seiring pemberlakukan sistem gelembung selama turnamen.

    Pandemi COVID-19 yang masih melanda membuat AFF sebagai penyelenggara mengeluarkan aturan ketat pada Piala AFF 2020. Edisi kali ini terasa berbeda karena hanya berlangsung di satu negara, yakni Singapura. 

    Adapun Pemerintah Singapura juga memberlakukan aturan ketat terkait pergerakan masyarakat di sana. Seluruh peserta yang terdiri dari pemain, pelatih, dan ofisial dilarang keluar dari hotel kecuali untuk berlatih dan bertanding.

    Pelatih Tan Cheng Hoe menyebut, kebijakan itu tentu tak mudah buat para pemain. Kondisi kesehatan mental menjadi kekhawatiran selama berlaga di Piala AFF 2020.

    "Kami adalah manusia. Tidak mudah sebagai pelatih selama pandemi ini. Secara psikologis, sebagaian besar pemain terpengaruh," kata Tan Cheng Hoe seperti dikutip The Straits Times.

    "Pembatasan berarti Anda tidak bisa keluar dan harus fokus hanya pada pertandingan. Tentu saja sebagai pemain, saya tahu mereka sedang menyesuaikan diri. Akan tetapi, kesehatan mental adalah tanda tanya bagi setiap orang. Kami perlu memahami itu," tegas pelatih berusia 53 tahun tersebut.

    Pemberian makanan pun tidak dilakukan secara prasmanan, melainkan diantarkan ke kamar masing-masing dengan menggunakan boks. Sejauh ini, sudah ada keluhan dari Thailand dan Vietnam karena menganggap menu yang disajikan penyelenggara Piala AFF 2020 tidak layak.

    2 dari 3 halaman

    Merasa Tertekan

    Situasi serupa juga dialami Timnas Vietnam. Pelatih Park Hang-seo sadar, pembatasan mobilitas selama Piala AFF 2020 membuat anak asuhnya merasa tertekan secara mental.

    "Saya sudah mengadakan pertemuan dengan pemain. Mereka tidak hanya lelah secara fisik, akan tetapi secara mental karena ada efek besar terkait pembatasan mobilitas," ucap Park Hang-seo.

    Meski demikian, Park Hang-seo menegaskan tak ingin menjadikan masalah itu sebagai alasan. Pihaknya bakal mencari solusi untuk bisa memecahkan masalah tersebut.

    "Akan tetapi, saya mengatakan kepada mereka harus beradaptasi dan menjadi lebih positif. Sebagai sebuah tim, kami harus menemuksn solusi untuk masalah ini," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

    3 dari 3 halaman

    Hasil Undian Piala AFF 2020

    Video Populer

    Foto Populer