4 Bek Tangguh yang Siap Diandalkan Timnas Indonesia untuk Jadi Juara Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Des 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 09:00 WIB
Timnas Indonesia - Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachrudin Aryanto
Timnas Indonesia - Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachrudin Aryanto (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menatap Piala AFF 2020 dengan percaya diri. Pelatih Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain berkualitas dalam membentuk skuad terbaik.

Sebanyak 30 pemain dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dalam daftar tersebut, 12 di antaranya merupakan pemain yang berperan sebagai bek.

Elkan Baggott merupakan bek termuda dengan usia 19 tahun, sedangkan Victor Igbonefo menjadi yang paling tua dengan usia 36 tahun. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan empat posisi bek dalam skema 4-4-2.

Posisi bek tentu sangat krusial untuk Timnas Indonesia. Apalagi Timnas Garuda bakal menghadapi lawan yang andal dalam melakukan tusukan semisal Vietnam dan Malaysia.

Selain itu, Timnas Indonesia yang tergabung di Grup B juga tak boleh memandang enteng Kamboja serta Laos. Kedua tim tersebut diprediksi bakal merepotkan.

Tanpa mengecilkan pemain lain, Bola.com memprediksi empat nama bek yang berpotensi jadi langganan di skuad inti Timnas Indonesia. Siapa saja?

2 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam

FOTO: 6 Pemain Timnas Indonesia yang Bersinar Kala Mengimbangi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Asnawi Mangkualam - Pemain asal Makassar ini tampil apik dan disiplin di sektor kanan pertahanan Timnas Indonesia. Beberapa kali bek Ansan Greeners FC itu ikut maju ke depan membantu penyerangan. (PSSI)

Karier Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia meningkat sejak diasuh Shin Tae-yong. Situasi itu terjadi berkat kontribusi sang pemain di lapangan.

Asnawi Mangkualam menjelma menjadi bek sayap kanan yang tangguh. Penampilan apiknya itu pula yang membuka jalannya berkarier di K-League 2 bersama Ansan Greeners.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam sejauh ini mendapatkan kepercayaan bermain sebanyak sembilan kali. Pemain berusia 22 tahun itu mengumpulkan 675 menit bermain.

3 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Foto: 5 Palang Pintu yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, Termasuk Elkan Baggott
Elkan Baggott - Bek tengah Ipswich Town ini dipastikan akan membela tim nasional Indonesia pada ajang Piala AFF 2020. Kehadiran pemain 19 tahun itu tentunya akan menjadi amunisi baru Timnas Indonesia untuk berjaya di ajang tersebut. (Dok. PSSI)

Elkan Baggott kemungkinan besar bakal membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Elkan Baggott merupakan pemain keturunan Inggris yang memiliki darah Indonesia dari ibunda.

Elkan Baggott punya peran penting di Timnas Indonesia. Postur tubuh yang dimilikinya yakni hampir 2 meter bisa diandalkan dalam memotong serangan lawan.

Elkan Baggott sejauh ini sudah mengemas satu penampilan untuk Timnas Indonesia. Menarik untuk menyaksikan kiprah pemain 19 tahun itu di Piala AFF 2020.

4 dari 5 halaman

Fachruddin Aryanto

Foto: 5 Pemain Veteran yang Masih Bisa Diandalkan Shin Tae-yong untuk Memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Fachruddin Aryanto bisa jadi pilihan Shin Tae-yong untuk memperkuat lini belakang Timnas Indonesia. Pemain Madura United juga mampu tampil soldi di BRI Liga 1 2021/2022. Memiliki bek tengah yang tangguh membuka peluang Indonesia untuk meraih gelar Piala AFF 2020. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Fachrudin Aryanto merupakan pemain paling banyak bermain di Piala AFF dalam skuat Shin Tae-yong saat ini. Nama Fachrudin Aryanto tercatat sudah berada pada skuat empat kali Piala AFF.

Fachrudin Aryanto masuk daftar skuat Piala AFF edisi 2012, 2014, 2016, 2018. Saat ini, Fachruddin masih menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Fachruddin merupakan bek tangguh yang andal mematikan arus serangan lawan. Secara keseluruhan, pemain Madura United itu telah mengemas 36 penampilan untuk Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Pratama Arhan

Vietnam vs Indonesia3_Kualifikasi Piala Dunia 2022
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kanan), harus berjibaku menghentikan aliran bola sayap Vietnam yang cukup cepat. Vietnam langsung memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia, melalui kedua sayap di kanan dan kirinya sejak menit pertama. (Foto: Dok. PSSI)

Pratama Arhan merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sejak U-19. Berkat Shin Tae-yong pula Pratama Arhan mampu menembus skuad senior dan melakoni debut pada usia 19 tahun 5 bulan dan 8 hari.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong tak lepas dari penampilan apik Pratama Arhan. Sebagai bek sayap kiri, Pratama Arhan tidak hanya andal dalam menjaga pertahanan, namun turut membantu serangan.

Pratama Arhan sejauh ini sudah tampil sebanyak delapan kali di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Pemain PSIS Semarang itu sukses mengumpulkan 662 menit bermain.

Lanjutkan Membaca ↓