Prediksi Piala AFF 2020 Laos Vs Vietnam: Juara Bertahan Berpotensi Pesta Gol

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Des 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 09:45 WIB
Piala AFF - Laos Vs Vietnam
Piala AFF - Laos Vs Vietnam (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Singapura - Vietnam akan menghadapi Laos pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020 yang digelar di Bishan Stadium, Senin (6/12/2021). Laga ini berpotensi terjadi hujan gol.

Vietnam menjadi kandidat kuat favorit juara Piala AFF 2020. Selain karena faktor juara bertahan, Vietnam menjadi tim Asia Tenggara yang unggu satu level di atas para peserta lain termasuk Laos.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo menatap antusias laga perdana Grup B Piala AFF 2020 melawan Laos. Pelatih asal Korea Selatan itu yakin timnya bisa memenangi laga pembuka sebagai jalan untuk mempertahankan gelar Piala AFF.

"Ini adalah situasi yang berbeda dan kami tahu semua tim memiliki level yang kuat. Kami siap dan semangat dalam menghadapi tekanan harus mempertahankan trofi," ucap Park Hang-seo.

Meski demikian, Park Hang-seo tak ingin memandang remeh kekuatan Laos. Menurut Park Hang-seo, Vietnam buta kekuatan Laos yang kini diasuh oleh pelatih V. Selvaraj.

"Kami tahu penting untuk memulai turnamen dengan baik. Akan tetapi, pertandingan ini akan sulit karena kami tidak tahu banyak mengenai lawan," ucap Park Hang-seo.

Perbedaan kualitas dengan Laos memungkinkan Vietnam berpesta gol dalam laga pembuka Piala AFF 2020. Park Hang-seo diyakini akan mengandalkan skema 3-4-3 dengan mengandalkan trio Nguyen di lini depan yakni Nguyen Cong Phuong, Nguyen Quang Hai, dan Nguyen Tien Linh.

2 dari 3 halaman

Coba Bersaing

Timnas Laos vs Timnas Timor Leste
Laos membuka asa lolos ke putaran final Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Timor Leste di fase kualifikasi (18/10/2016).(Bola.com/AFF)

Sementara itu, Laos tanpa tekanan menghadapi Vietnam pada laga pembuka Grup B Piala AFF 2020. Pelatih V. Selvaraj sadar diri timnya kalah jauh dari Vietnam dari segi kualitas.

Namun, V. Selvaraj menyebut Laos akan berusaha untuk memberikan perlawanan dalam laga nanti. Pelatih asal Singapura itu bahkan yakin Laos akan mencoba bersaing dengan Vietnam.

"Meskipun kami memiliki skuat muda, saya merasa kami lebih kuat dari sebelumnya. Tim siap menghadapi Vietnam yang sedang mengalami situasi sulit. Kami akan melakukan yang terbaik dan mencoba bersaing melawan mereka," tegas V. Selvaraj.

Laos mendapatkan tambahan amunisi dengan hadirnya Billy Ketkeophomphone yang akan diduetkan dengan Soukaphone Vongchiengkham di lini depan. Adapun Mitsada Saytaifah dan Phoutthasay Khochalern bakal menjadi kunci serangan Laos di lini tengah.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Piala AFF - Ilustrasi Logo Piala AFF 2020
Piala AFF - Ilustrasi Logo Piala AFF 2020 (Bola.com/Adreanus Titus)

Vietnam (3-4-3): Bui Tan Truong (kiper), Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung (belakang), Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Vu Van Thanh (tengah), Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Tien Linh (depan)

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Laos (4-3-3): Xaysavath Souvanhansok (kiper), Sengdaovy Hanthavong, Kaharn Phetsivilay, Thipphachanth Inthavong, Aphixay Thanakhanty (belakang), Mitsada Saytaifah, Phoutthasay Khochalern, Bounphachan Bounkong (tengah), Soukaphone Vongchiengkham, Somxay Keohanam, Billy Ketkeophomphone (depan)

Pelatih: V. Selvaraj (Singapura)

Lanjutkan Membaca ↓