Sukses


    PSSI Pastikan Timnas Indonesia Tak Ikuti Tren Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2020 digemparkan dengan tren penggunaan ban kapten pelangi. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Timnas Indonesia tak akan mengikuti tren tersebut.

    Sampai hari kedua penyelenggaraan Piala AFF 2020 Senin (6/12/2021), pantauan Bola.com sudah ada tiga tim yang menggunakan ban kapten pelangi. Mereka adalah Timnas Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

    Adapun Timnas Singapura dan Malaysia tidak menggunakan ban kapten pelangi, melainkan ban kapten universal berwarna putih. Seperti diketahui, ban kapten pelangi memang sedang tren di dunia sepak bola.

    Penggunaan ban kapten pelangi dilakukan untuk mendukung kesetaraan gender dan dukungan dari sepak bola untuk komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

    Mochamad Iriawan menyebut, penggunaan ban kapten pelangi adalah hak masing-masing tim yang tidak akan diikuti Timnas Indonesia.

    "Ya itu kan, hak masing-masing tim, klub, atau negaranya. Silakan saja kalau mau pakai atau tidak," kata Iriawan kepada awak media, Senin (6/12/2021).

    "Timnas Indonesia tidak akan pakai. Saya telepon nanti ke Indra Sjafri (Direktur Teknik PSSI). Kami putuskan tidak akan pakai dan akan hubungi ke sana. Kalau negara lain silahkan, kan budayanya beda," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

    Timnas Indonesia akan mengawali petualangan di Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021). Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Kamboja pada laga yang digelar di Bishan Stadium.

    2 dari 3 halaman

    Semakin Berkembang

    Kabar bagus datang dari Timnas Indonesia jelang laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Pelatih Shin Tae-yong menyebut anak asuhnya makin berkembang jelang menghadapi Kamboja (9/12/2021).

    Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan jelang tampil di Piala AFF 2020. Pelatih Shin Tae-yong memberikan menu latihan taktik, strategi, hingga gim internal dalam latihan yang digelar di Stadion Bukit Gombak, Singapura.

    Menu itu diberikan Shin Tae-yong untuk melihat sejauh mana pemain dapat memainkan taktik serta strategi yang diinginkan. Shin Tae-yong mengaku puas karena melihat adanya perkembangan yang ditunjukkan anak asuhnya.

    "Saat ini pemain terus bekerja keras dan berjuang maksimal jelang pertandingan perdana melawan Kamboja. Perkembangan mereka sangat baik, tentu ini menjadi modal bagus demi raihan hasil terbaik di Piala AFF 2020," kata Shin Tae-yong.

    3 dari 3 halaman

    Dihantui Catatan Buruk

    Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja dalam laga pertama mereka di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Melakoni duel ini, Skuad Merah Putih dihantui catatan buruk duel pertama Piala AFF.

    Timnas Indonesia ternyata selalu gagal menang dalam pertandingan pertamanya di Piala AFF. Catatan buruk itu telah terjadi sejak edisi 2012 sampai saat ini.

    Artinya, sudah dalam empat edisi laga perdana di Piala AFF, Timnas Indonesia gagal menang. Pada edisi 2012, Indonesia ketika itu diimbangi Laos dengan skor 2-2 (25/11/2012).

    Hasil serupa dengan skor identik terjadi pada partai pembuka Piala AFF 2014. Timnas Indonesia ketika itu ditahan Vietnam dengan skor 2-2 (22/11/2014).

    Adapun pada laga perdana Piala AFF 2016, Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand (19/11/2016). Kekalahan juga terjadi pada pertandingan perdana Piala AFF 2018 di mana Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura (9/11/2018).

    Video Populer

    Foto Populer