Sukses


    Witan Sulaeman Peringatkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Jangan Malaysia dan Vietnam Melulu, Langkahi Dulu Laos - Kamboja

    Bola.com, Singapura - Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, menyebut peta persaingan di Grup B Piala AFF 2020 tak hanya melibatkan Vietnam dan Malaysia saja. Witan juga meminta skuat Merah Putih untuk tak memandang sebelah mata kekuatan Laos dan Kamboja.

    Timnas Indonesia akan mengawali Piala AFF 2020 dengan laga melawan Kamboja (9/12/2021). Setelah itu, skuat asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Laos (12/12/2021).

    Kamboja dan Laos digadang-gadang bisa menjadi santapan bergizi buat Timnas Indonesia untuk mendulang poin. Namun, Witan menyebut kedua tim tersebut berpotensi memberikan kejutan buat Timnas Garuda.

    "Menurut saya pribadi, semua lawan sama-sama kuat dan tidak boleh ada yang dianggap remeh. Semuanya harus merata. Lawan siapa pun, kami harus tampil 100 persen," kata Witan Sulaeman.

    "Target pribadi saya yang pertama, ingin membantu tim agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Insyaallah menjadi juara. Semoga saya bisa mencetak banyak gol," tegas pemain 20 tahun tersebut.

    Laga melawan Kamboja wajib dimenangi Timnas Indonesia. Malaysia dan Vietnam sejauh ini sama-sama mengumpulkan tiga poin hasil kemenangan pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020.

    2 dari 3 halaman

    Geber Persiapan

    Witan Sulaeman juga menyebut Timnas Indonesia terus berbenah untuk mematangkan persiapan. Menurut Witan, pelatih Shin Tae-yong menekankan agar para pemain bisa mengurangi kesalahan mendasar.

    "Sekarang kami sudah masuk ke menu latihan untuk formasi. Materi latihan yang sering diberikan pelatih adalah sering passing bola, dan jangan mudah kehilangan bola," tegas Witan Sulaeman.

    Timnas Indonesia masih memiliki waktu untuk mematangkan persiapan. Proses adaptasi cuaca masih jadi pekerjaan rumah mengingat perbedaan drastis antara cuaca Singapura dengan Turki yang jadi tempat pemusatan latihan.

    3 dari 3 halaman

    Dihantui Catatan Buruk

    Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja dalam laga pertama mereka di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Melakoni duel ini, Skuad Merah Putih dihantui catatan buruk duel pertama Piala AFF.

    Timnas Indonesia ternyata selalu gagal menang dalam pertandingan pertamanya di Piala AFF. Catatan buruk itu telah terjadi sejak edisi 2012 sampai saat ini.

    Artinya, sudah dalam empat edisi laga perdana di Piala AFF, Timnas Indonesia gagal menang. Pada edisi 2012, Indonesia ketika itu diimbangi Laos dengan skor 2-2 (25/11/2012).

    Hasil serupa dengan skor identik terjadi pada partai pembuka Piala AFF 2014. Timnas Indonesia ketika itu ditahan Vietnam dengan skor 2-2 (22/11/2014).

    Adapun pada laga perdana Piala AFF 2016, Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand (19/11/2016). Kekalahan juga terjadi pada pertandingan perdana Piala AFF 2018 di mana Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura (9/11/2018).

    Video Populer

    Foto Populer