Sukses


    4 Pemain Kuncian Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Meladeni Kamboja di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Kamboja dalam laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Laga ini dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

    Kemenangan menjadi misi Timnas Indonesia dalam pertandingan pertama di Piala AFF 2020. Mengawali turnamen dengan kemenangan merupakan start positif yang bisa menambah motivasi.

    Maka dari itu, semua pemain dituntut agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Soliditas permainan harus diperlihatkan demi memperbesar peluang meraih kemenangan.

    Bicara soal permainan Timnas Indonesia, ada empat poros yang perlu diperhatikan, mulai dari posisi di bawah mistar gawang, pertahanan, lini tengah, hingga ujung tombak.

    Siapa saja pemain kunci Timnas Indonesia yang akan diandalkan oleh Shin Tae-yong untuk bisa menjadi motor di masing-masing posisi tersebut?

    2 dari 6 halaman

    Muhammad Riyandi

    Kiper andalan yang sudah memperkuat Timnas Indonesia kelompok umur ini berpeluang besar diturunkan oleh Shin Tae-yong sebagai starter di posisi kiper.

    Performanya dalam beberapa pertandingan Timnas Indonesia, membuat tim pelatih merasa aman menyerahkan penjagaan gawang kepada kiper milik Barito Putera.

    Sejak Timnas Indonesia ditangani Shin Tae-yong pada Desember 2019, Riyandi sudah lima kali dipercaya mengawal gawang skuad Garuda.

    Rinciannya saat melwan Oman, Afghanistan, dan Myanmar dalam laga uji coba. Kemudian Uni Emirat Arab dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, serta menghadapi Chinese Taipei pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

    Total Riyandi bermain sebanyak 450 menit, dan tanpa kartu kuning serta kartu merah. Dalam lima pertandingan itu, penjaga gawang berusia 21 tahun ini kebobolan 10 gol, paling banyak ketika Timnas Indonesia kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab.

     

    3 dari 6 halaman

    Asnawi Mangkualam

    Bermain di posisi bek sayap kanan, Asnawi Mangkualam menjadi satu di antara beberapa pemain kesayangan Shin Tae-yong. Penggawa Ansan Greeners, klub kasta kedua Liga Korea Selatan, ini selalu menjadi pilihan utama.

    Sepanjang 2021, Asnawi sudah bermain dalam pertandingan internasional Timnas Indonesia. Rinciannya melawan Oman, Afghanistan, dan Myanmar dalam laga uji coba.

    Kemudian ketika menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Selain itu ada juga dua laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Chinese Taipei. Total ia mengemas 643 menit bertanding.

     

    4 dari 6 halaman

    Evan Dimas

    Satu lagi pemain yang tidak tersentuh sejak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia adalah Evan Dimas Darmono. Gelandang berusia 26 tahun itu merupakan kapten Tim Garuda di Piala AFF 2020 ini.

    Evan Dimas mampu menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong, perihal menjadi jenderal lapangan tengah. Tidak heran bila penggawa Bhayangkara FC ini selalu menjadi pilihan utama di lini tengah.

    Daftar pertandingan sepanjang 2021 sama seperti milik Asnawi. Dari delapan pertandingan itu, Evan Dimas menyumbang tiga gol untuk Timnas Indonesia, dengan menit bermain mencapai 618 menit.

     

    5 dari 6 halaman

    Ezra Walian

    Pengujung 2021 menjadi momen kembalinya Ezra Walian ke Timnas Indonesia. Sempat lama terkatung-katung karena persoalan terkait administrasi dengan FIFA. Pemain naturalisasi asal Belanda ini kini sudah boleh dimainkan oleh skuad Garuda pada ajang resmi.

    Debutnya di Timnas Indonesia saat diturunkan Shin Tae-yong dalam laga uji coba melawan Afghanistan di Stadion Gloria Sport Arena, Antalya, Turki, pada 16 November 2021. Penggawa Persib Bandung ini bermain selama 27 menit sebagai pemain pengganti.

    Dalam laga uji coba berikutnya melawan Myanmar ke Emirhan Sports Complex, Antalya, pada 25 November 2021, Ezra bermain selama 66 menit dan menyumbang satu gol. Sekarang, ia siap ikut berjuang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

     

    6 dari 6 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    • 9 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Kamboja

    • 12 Desember 2021: Laos Vs Timnas Indonesia

    • 15 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Vietnam

    • 19 Desember 2021: Malaysia Vs Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer