Sukses


    Harus Bisa! Timnas Indonesia Minimal Tembus Final di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di Piala AFF 2020, dengan menghadapi Kamboja pada partai perdana fase Grup B. Duel kedua tim dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

    Dalam laga nanti, Timnas Indonesia lebih diunggulkan saat menghadapi Kamboja nanti, setelah calon lawannya itu baru saja kalah 1-3 dari Malaysia. Praktis kemenangan menjadi misi Timnas Indonesia untuk mengawali turnamen dengan baik.

    Namun pasukan Shin Tae-yong dituntut untuk konsisten terhadap seluruh lawan-lawannya. Menggingat di grup B, terdapat lawan yang jadi pesaing terberatnya, yaitu Vietnam dan Malaysia. Sementara dari grup lain tentu ada tuan rumah Singapura dan tim tradisi juara Thailand.

    Pengamat Timnas Indonesia, Aris Budi Sulistyo meyakini kiprah tim Merah-putih di Piala AFF 2020 dengan hasil yang jauh lebih baik. Bahkan pihaknya menilai satu tempat di final minimal bisa direbut.

    “Secara umum saya melihat persiapan, termasuk uji coba di Turki kemarin, Thailand dan Vietnam pasti akan berpikir lagi untuk menghadapi Timnas Indonesia. Menurut saya minimal tembus ke final kali ini,” tuturnya kepada Bola.com, Selasa (7/12/2021).

     

    2 dari 3 halaman

    Kuncinya Fokus

    Mantan pelatih Persik Kediri tersebut mengatakan bahwa kunci keberhasilan yang akan menentukan prestasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ada pada fokus. Terutama fokus di atas lapangan dan meminimalisir kesalahann elementer.

    Diakuinya skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 kali ini sudah cukup kuat dan berkarakter. Menurutnya ada sejumlah pemain yang menjadi kunci keberhasilan dalam pertandingan.

    “Hal yang semua pemain fokus saja, terutama saat menghadapi Vietnam dan Malaysia sebagai pesaing terkuat di grup B. Mereka akan kalah nanti saat bertemu Timnas Indonesia,” beber pria asal Solo.

    “Aksi pemain yang paling ditunggu adalah Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jaya. Kualitas mereka sebenarnya tidak perlu diragukan lagi terutama saat di klub masing-masing yang jadi tumpuan,” imbuhnya.

    3 dari 3 halaman

    Panggung Shin Tae-yong

    Di sisi lain, ia menilai Piala AFF 2020 bisa menjadi penggungnya Shin Tae-yong. Pelatih asal Korsel itu diharapkan memberikan kado istimewa setelah beberapa tahun menangani skuad Garuda.

    Piala AFF ini juga akan menjadi panggung Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong, dia punya karakter untuk membawa Indonesia juara. Dia harusnya bisa membawa juara kali ini setelah banyak pertandingan yang dialui,” jelas Aris Budi Sulistyo.

    Video Populer

    Foto Populer