Duel Kapten Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2020: Mana Lebih Ampuh Nih?

Oleh Aryo Atmaja pada 08 Des 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 08:00 WIB
Piala AFF - Duel Kapten - Timnas Indonesia Vs Kamboja
Piala AFF - Duel Kapten - Timnas Indonesia Vs Kamboja (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan mengawali petualangan di ajang Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja pada partai perdana fase Grup B. Duel kedua tim dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Kemenangan menjadi misi skuad Garuda pada pertandingan pertama nanti. Sebab, mengawali turnamen dengan kemenangan merupakan start positif dan bisa menambah motivasi Timnas Indonesia untuk laga-laga selanjutnya.

Oleh karena itu, semua pemain dituntut agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Soliditas permainan harus diperlihatkan demi memperbesar peluang meraih kemenangan.

Menarik untuk disimak adalah duel pemain kedua tim yang berpotensi terjadi di atas lapangan nanti. Di kubu Timnas Indonesia tentu memiliki sosok Evan Dimas. Seorang kapten tim yang sudah lama menjadi andalan tim Merah-putih.

Sementara di kubu Kamboja, ada nama Soeuy Visal. Bek andalan sekalius kapten Timnas Kamboja yang akan memimpin rekan-rekannya memberi kejutan untuk Timnas Indonesia pada laga perdana besok.

Bola.com menyajikan ulasan menarik mengenai kedua pemain yang akan menjadi kapten masing-masing tim, dan peran besarnya untuk pertandingan nanti. Yuk scroll ke bawah untuk melihat ulasan menariknya:

2 dari 3 halaman

Kiprah Kapten Sejati

Thailand Vs Timnas Indonesia
Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, mengamati rekannya saat melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Evan Dimas berstatus sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain berusia 26 tahun itu tercatat sudah 34 kali membela Tim Garuda dan menjadi satu di antara pemain dengan jumlah caps terbanyak bersama Timnas Indonesia di skuad Piala AFF 2020 ini.

Evan Dimas memang sudah menjadi langganan memperkuat Timnas Indonesia sejak debutnya bersama Tim Garuda dalam laga kontra Laos di pertandingan ketiga Piala AFF 2014.

Tak hanya 34 kali membela Timnas Indonesia, Evan Dimas juga kerap membela Timnas Indonesia U-22 atau U-23 pada periode 2017 hingga 2019 lalu, termasuk saat menjadi satu di antara tiga pemain overage di SEA Games 2019.

Setelah melewati tiga edisi Piala AFF, Evan Dimas sudah cukup merasakan bagaimana pengalaman harus tersingkir di fase grup, seperti yang terjadi pada 2014 dan 2018, serta bagaimana luar biasanya bisa mencapai pertandingan final pada 2016.

Evan Dimas merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bahkan menjadikannya sebagai kapten Timnas Indonesia. Meski dalam beberapa kesempatan pemusatan latihan dan uji coba terakhir, ia tak diangkut.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dibayar tuntas oleh Evan Dimas. Dalam delapan pertandingan, Evan sukses mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia.

Kontribusi besar itulah yang membuat Shin Tae-yong sering menjadikan Evan Dimas sebagai starter di Timnas Indonesia. Evan tercatat sudah tampil sebanyak 618 menit di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Beri Kejutan

Piala AFF - Ilustrasi Timnas Indonesia Vs Kamboja
Piala AFF - Ilustrasi Timnas Indonesia Vs Kamboja (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Kamboja tidak bisa dianggap remeh oleh anak asuh Shin Tae-yong dalam pertandingan nanti. Kedalaman skuad mereka bisa menghadirkan ancaman dan kejutan. Termasuk dari sosok Soeuy Visal.

Ia adalah pemain belakang dengan postur 173 cm yang diyakini menjadi tembok tebal pertahanan Kamboja. Pemain berusia 26 tahun ini punya catatan apik dan lama membela Timnas Kamboja.

Tercatat ia sudah memperkuat Timnas Kamboja sejak tahun 2014 atau saat usianya masih 19 tahun. Hingga saat ini, Soeuy Visal sudah memiliki 42 penampilan dan mencetak satu gol sepanjang kariernya di Timnas Kamboja.

Oleh pelatih Ryu Hirose, Soeuy Visal tentu akan tampil memperkuat pertahanan Timnas Kamboja sejak menit pertama menghadapi Indonesia. Peran Visal bakal dimaksimalkan untuk meredam agresivitas lini depan Indonesia yang dipimpin Dedik Setiawan atau Ezra Walian.

Lanjutkan Membaca ↓