Sukses


    Mengukur Kehebatan Shin Tae-yong dan Ryu Hirose Jelang Laga Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Pertemuan Timnas Indonesia versus Kamboja di Piala AFF 2020 menjadi ajang adu pintar antar pelatih. Skuad Garuda ditangani Shin Tae-yong, sementara tim lawan diarsiteki oleh Ryu Hirose. Siapa lebih hebat di antara keduanya?

    Pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Kamboja akan berlangsung Kamis (9/12/2021). Laga digelar di Bishan Stadium, Singapura, mulai pukul 19.30 WIB.

    Buat Timnas Indonesia, partai nanti merupakan laga pertama pada babak penyisihan Grup B. Sementara untuk Kamboja menjadi yang kedua, setelah di pertandingan pertama kalah 1-3 dari Malaysia.

    Jadi buat Shin Tae-yong, pertandingan Timnas Indonesia versus Kamboja menjadi debutnya di Piala AFF. Tentu saja, laga ini bakal istimewa untuk pelatih asal Korea Selatan tersebut.

    Lantas, seperti apa perbandingan reputasi dari Shin Tae-yong dan Ryu Hirose? Baik dari pencapaian di pertandingan maupun karier mereka sebagai pelatih? Berikut ulasannya yang diolah Bola.net dari berbagai sumber.

     

    2 dari 4 halaman

    Pengalaman Melatih Timnas

    Dari segi pengalaman menangani timnas suatu negara, Shin Tae-yong lebih unggul dibandingkan Ryu Hirose. Bahkan, keunggulan itu bisa dikatakan sangat jauh.

    Shin Tae-yong pernah menakhodai Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Sementara Ryu Hirose pengalamannya baru menangani Timnas Kamboja.

    Namun dari segi usia, Ryu Hirose jauh lebih tua dibandingkan Shin Tae-yong. Ryu Hirose yang berusia 65 tahun, punya pengalaman sebagai pelatih lebih dulu, daripada Shin Tae-yong yang baru berumur 51 tahun.

     

    3 dari 4 halaman

    Hasil Pertandingan 2021

    Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong sepanjang 2021 ini sudah memainkan delapan pertandingan di berbagai ajang. Hasilnya, skuad Garuda menang atas Myanmar (4-1), Taiwan (2-1, 3-0), seri melawan Thailand (2-2), dan kalah dari Afghanistan (0-1), Vietnam (0-4), serta Oman (1-3).

    Sementara Ryu Hirose sepanjang 2021 mengawal enam pertandingan Kamboja. Hasilnya, timnya hanya dua kali menang atas Guam (1-0, 2-1), sisanya kalah dari Malaysia (1-3), Iran (1-4), dan Bahrain (0-8).

    Bahkan pertandingan melawan Iran dan Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia putaran kedua lalu, berakhir dengan kekalahan telak. Masing-masing kalah 0-10 dari Iran dan 0-8 dari Bahrain.

     

    4 dari 4 halaman

    Sama-sama Masih Nihil Gelar

    Baik Shin Tae-yong dan Ryu Hirose sama-sama belum pernah mendapatkan trofi juara ketika menangani sebuah timnas. Shin Tae-yong bersama Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersingkir di babak penyisihan grup.

    Begitu pula dengan Timnas Indonesia yang belum pernah mengikuti suatu turnamen, sehingga masih nihil gelar. Piala AFF 2020 menjadi kesempatan buat Shin Tae-yong meraih trofi juara untuk diletakkan di lemari prestasinya.

    Ryu Hirose dengan usia yang sudah begitu senior juga belum pernah mendapatkan gelar juara. Sebab, pengalaman pertamanya menjadi pelatih timnas suatu negara baru saat melatih Kamboja sekarang ini.

     

    Penulis: Fitri Apriani/Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer