Piala AFF 2020: Seperti Manchester United, Timnas Indonesia Juga Harus Percaya Proses Shin Tae-yong

Oleh Bayu Satio pada 08 Des 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 17:06 WIB
Timnas Indonesia - AFF dan Shin Tae-yong
Timnas Indonesia - AFF dan Shin Tae-yong (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Yogyakarta - Asisten pelatih PSIM Yogyakarta, Bonggo Pribadi, meminta publik sepak bola nasional termasuk PSSI memberikan kepercayaan penuh kepada pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong. Ia mencontohkan bagaimana Manchester United juga butuh proses seperti saat ini.

Seperti diketahui, saat tahun-tahun pertama Sir Alex Ferguson menukangi klub tersebut, ia butuh lima tahun untuk memberikan trofi perdana bagi Setan Merah, julukan Manchester United.

Bonggo Pribadi pun mendesak seluruh insan sepak bola Indonesia, mulai dari lapisan suporter hingga PSSI, untuk sabar dan memercayai proses yang dilakukan Shin Tae-yong.

"Kita lihat saja bagaimana kondisi di Manchester United dulu. Ya semuanya butuh proses, kita juga harus sabar sama Shin Tae-yong," kata Bonggo kepada Bola.com.

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana Piala AFF 2020. Kebetulan sang lawan biasa dikalahkan dengan skor besar, tapi Bonggo punya pendapat sendiri.

Bonggo merasa Kamboja tak bisa lagi disamakan dengan 10 atau 20 tahun lalu. Di mana saat itu mereka selalu jadi salah satu tim yang jadi lumbung gol Indonesia.

"Saya rasa levelnya masih ada di bawah Timnas Indonesia, tapi mengalahkan mereka tidak akan semudah dulu. Dahulu kan paling tidak kalau ketemu Kamboja atau Laos itu minimal kita menang 5-0," katanya lagi.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Timnas Indonesia Sepanjang 2021 Menuju Piala AFF 2020

Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu (Bola.com/Adreanus Titus)

Pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Kamboja akan berlangsung Kamis (9/12/2021). Laga digelar di Bishan Stadium, Singapura, mulai pukul 19.30 WIB.

Buat Shin Tae-yong, pertandingan Timnas Indonesia versus Kamboja menjadi debutnya di Piala AFF. Tentu saja, laga ini bakal istimewa untuk pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong sepanjang 2021 ini sudah memainkan delapan pertandingan di berbagai ajang. Hasilnya, skuad Garuda menang atas Myanmar (4-1), Taiwan (2-1, 3-0), seri melawan Thailand (2-2), dan kalah dari Afghanistan (0-1), Vietnam (0-4), serta Oman (1-3).

Piala AFF 2020 menjadi kesempatan buat Shin Tae-yong meraih trofi juara untuk diletakkan di lemari prestasinya. Label 'juara runner up' pun dapat dicopot.

Lanjutkan Membaca ↓