Sukses


    Prediksi 11 Pemain Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2020: Formasi 4-1-4-1, Minus Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia sebentar lagi akan berjuang di Piala AFF 2020. Skuad Garuda mengawali kiprah dengan menghadapi Timnas Kamboja. Pertandingan akan berlangsung di Bishan Stadium, Kamis (09/12/2021) pukul 19.30 WIB.

    Menghadapi laga ini, Timnas Indonesia belum bisa diperkuat Egy Maulana Vikri. Penyerang sayap FK Senica tersebut belum bergabung dengan tim di Singapura.

    Begitupun dengan beberapa pemain tambahan seperti Ernando Sutaryadi, Rizky Ridho, Nadeo Argawinata dan Rizky Dwi Febriyanto. Mereka masih berada di Indonesia.

    Akan tetapi, Timnas Indonesia akan tetap mengandalkan sejumlah pemain terbaiknya melawan Kamboja. Berikut perkiraan starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja dengan formasi 4-1-4-1.

    2 dari 13 halaman

    Kiper: M. Riyandi

    Di posisi penjaga gawang, nama M. Riyandi berpotensi menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Kiper Barito Putera tersebut kerap dipercaya dalam pertandingan uji coba.

    Pilihan di sektor kiper juga tidak banyak, karena Nadeo Argawinata maupun Ernando Sutaryadi masih berada di Indonesia. Selain Riyandi, opsinya hanya Syahrul Fadillah. 

    3 dari 13 halaman

    Bek kiri: Pratama Arhan

    Posisi bek kiri akan menjadi milik Pratama Arhan. Pemain PSIS Semarang tersebut tak tergantikan dalam serangkaian uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia.

    Selain menjaga pertahanan dengan baik, Arhan juga kerap membantu penyerangan. Bek asal Blora tersebut juga punya kelebihan dalam melakukan lemparan ke dalam.

    4 dari 13 halaman

    Bek tengah: Ryuji Utomo

    Ryuji Utomo kemungkinan akan tampil karena Elkan Baggott bergabung terlambat di Singapura. Pengalaman Ryuji di klub dan Timnas Indonesia menjadi modal penting dalam laga ini.

    Tapi, Timnas Indonesia juga punya peluang memainkan Baggott jika kondisinya fit.

     

    5 dari 13 halaman

    Bek tengah: Fachrudin Aryanto

    Fachrudin Aryanto kemungkinan akan menemani Ryuji Utomo di lini sektor bek tengah. Pengalamannya sebagai pemain senior sangat dibutuhkan.

    Bek Madura United tersebut juga selalu menjalani pilihan di lini tengah. Dia tak tergantikan dalam sejumlah pertandingan terakhir Timnas Indonesia.

    6 dari 13 halaman

    Bek kanan: Asnawi Mangkualam Bahar

    Salah satu pemain kepercayaan Shin Tae-yong di lini pertahanan adalah Asnawi Mangkualam Bahar. Posisinya tidak tergantikan di sisi kanan.

    Sama dengan Arhan, Asnawi kerap keluar membantu pertahanan. Pemain yang berkarier di Korea Selatan itu merupakan tipikal bek yang gigih dan tidak takut berduel dengan lawan.

    7 dari 13 halaman

    Gelandang bertahan: Rachmat Irianto

    Rachmat Irianto akan diplot sebagai gelandang bertahan menghadapi Kamboja. Pemain versatile milik Persebaya Surabaya itu bisa diandalkan untuk menghentikan serangan lawan.

    Rian, sapaan akrabnya, merupakan pemain yang sudah malang melintang bersama timnas Indonesia di level Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan tim senior, dia sudah memperkuat timnas kelompok usia.

    8 dari 13 halaman

    Gelandang tengah: Ricky Kambuaya

    Berstatus debutan, Ricky Kambuaya langsung menjadi andalan. Gelandang Persebaya Surabaya tersebut juga tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia.

    Meski tugasnya mengkreasikan serangan, Ricky juga piawai dalam mencetak gol. Dari tiga laga uji coba yang dilakoni skuad Garuda, dia menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia.

    9 dari 13 halaman

    Gelandang tengah: Evan Dimas Darmono

    Sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia, Evan Dimas sangat sulit untuk tidak diturunkan lawan Kamboja. Dia bisa menjadi nyawa permainan Skuad Garuda.

    Evan Dimas sangat piawai dalam mengatur serangan dan mendistribusikan bola. Visi bermainnya juga bagus, dan ditopang dengan kepiawaian dalam mencetak gol.

    10 dari 13 halaman

    Sayap kanan: Irfan Jaya

    Peluang Irfan Jaya untuk mengisi posisi sayap kanan Timnas Indonesia sangat besar dengan belum bergabungnya Egy Maulana Vikri. Egy belum dilepas oleh klubnya, FK Senica.

    Irfan juga bukan pemain sembarangan, pemain asal Bantaeng tersebut juga sempat masuk jajaran top skor BRI Liga 1 2021/2022 sebelum dipanggil Timnas Indonesia. Irfan juga menyumbang 1 gol dari 2 laga uji coba skuad Garuda.

    11 dari 13 halaman

    Sayap Kiri: Witan Sulaeman

    Sementara posisi sayap kiri kemungkinan besar akan ditempati oleh witan Sulaiman. Pemain Lechia Gdansk tersebut juga selalu menjadi pilihan Shin ae-yong.

    Selama Timnas Indonesia melakukan uji coba, Witan sudah menyumbang 2 gol. Yakni ketika Skuad Garuda menghadapi Myanmar dan Antalyaspor.

    12 dari 13 halaman

    Penyerang: Ezra Walian

    Shin Tae-yong memang punya banyak opsi di lini serangan, tetapi pilihan akan jatuh kepada Ezra Walian. Dia sudah menunjukkan ketajamannya dalam beberapa laga uji coba.

    Ezra Walian sudah menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia kala menghadapi Myanmar dan Antalyaspor. Statistik tersebut pasti akan menjadi pertimbangan pelatih Timnas.

    Bola.net (Mustopa El Abdy, 8/12/2021)

     

    13 dari 13 halaman

    Grafis

    Video Populer

    Foto Populer