Mental Timnas Indonesia Meningkat, Shin Tae-yong Bicara Peluang di Piala AFF 2020

Oleh Gregah Nurikhsani pada 08 Des 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 18:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (PSSI).

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, senang dengan perkembangan anak asuhnya jelang pertandingan pertama di Piala AFF 2020. Banyak aspek positif yang ia dapat, terutama menyoal mental pemain.

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada Kamis (9/12/2021) malam WIB. Ini akan jadi debut Shin Tae-yong di Piala AFF sebagai juru taktik.

"Anak-anak punya pengalaman banyak di turnamen ini, dan saya sendiri tidak ada grogi sama sekali setelah datang ke Piala AFF," kata coach Shin dalam sesi konferensi pers jelang laga.

Harapan besar memang ada di puncak pelatih asal Korea Selatan tersebut. Maklum, Timnas Indonesia belum pernah meraih juara Piala AFF, sehingga edisi kali ini jadi tekanan tersendiri buat Shin.

Beberapa pihak menilai kalau hadirnya Shin Tae-yong menandai era baru Timnas Indonesia. Tapi menurutnya, kondisi tim memang sedang berubah sehingga ia merasa tinggal memolesnya saja.

"Saat saya datang ke sini, Timnas Indonesia sedang melakukan regenerasi. Jadi saya sambil poles saja, karena saya lihat tim semakin baik, mentalnya semakin baik," kata Shin Tae-yong menambahkan.

2 dari 2 halaman

Percaya Bisa Tampil Baik

FOTO: Jelang Uji Coba, Kondisi Fisik Timnas Indonesia Diklaim Masih Payah
Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia masih berada di wilayah 60 persen karena situasi pandemi COVID-19 yang membuat pelatih Shin Tae-yong menyesuaikan menu latihan untuk pemain. (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Saat negara-negara lain menganggap Timnas Indonesia bukan kandidat kuat, Shin Tae-yong justru optimistis anak asuhnya sudah sangat siap dari segi mental untuk berbicara banyak di Piala AFF 2020.

"Saya juga percaya pemain-pemain indonesia pasti bisa melakukan permainan yang baik, dan ada perkembangan juga untuk mental para pemain," kata Shin Tae-yong penuh percaya diri.

"Karena itulah saya sangat bahagia, dan melalui turnamen ini saya yakin kita bisa dapat prestasi yang baik," ujarnya memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓