Sukses


    Piala AFF 2020 dalam Angka: Timor Leste Skuad Termuda, Taksiran Harga Pemain Timnas Indonesia Termahal Keempat

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF menjadi ajang paling dinanti pencinta sepak bola Tanah Air. Bukan apa-apa, sebab 'Piala Dunia ASEAN' ini merupakan gelar prestisius yang paling mungkin didapat ketimbang Piala Asia atau Piala Dunia.

    Pada Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memboyong 30 pemain, sama seperti Thailand, Laos, dan Kamboja. Vietnam sebetulnya mendaftarkan 30 pemain, namun tampaknya ada satu penggawa yang urung berangkat karena masalah birokrasi.

    Adapun Timor Leste dan Malaysia menjadi negara peserta dengan jumlah skuad paling tipis. Keduanya cuma membawa 24 pemain saja, dan nahas buat Harimau Malaya, dua pemain di antaranya terpapar COVID-19.

    Fakta menarik pada Piala AFF 2020 lainnya adalah soal rataan usia pemain. Tuan rumah Singapura ternyata menjadi tim peserta dengan rata-rata pemain tertua (28,2 tahun).

    Timnas Indonesia berada di posisi keempat sebagai skuad termuda, di bawah Laos dan Kamboja. Sementara label skuad termuda didapat Timor Leste (21,3 tahun).

    Berikut ini Bola.com merangkum tiga fakta unik Piala AFF 2020 dalam angka, termasuk di antaranya nilai skuad Timnas Indonesia. Simak di bawah ini ya!

     

    2 dari 4 halaman

    Timor Leste Skuad Termuda

    Membawa 24 pemain, Timor Leste ternyata berisikan banyak sekali pemain muda. Tercatat, hanya ada tiga pemain saja yang usianya di atas 23 tahun.

    Mereka adalah Boavida Olegario (27 tahun - Karketu Dili FC), Paulo Gali (24 tahun - Lalenok United), dan Aderito (24 tahun - Assalam FC).

    Luar biasanya lagi, 12 dari 24 pemain Timor Leste atau setengahnya berusia 20 tahun dan ke bawah. Zenivio Mota, pemain berusia 16 tahun, bahkan dipercaya tampil pada laga perdana di Piala AFF 2020.

    Timnas Indonesia, di sisi lain, berada di posisi keempat dengan rataan usia 24,3 tahun.

     

    3 dari 4 halaman

    Timnas Indonesia Skuad Termahal Keempat

    Berdasarkan laman transfermarkt, Timnas Indonesia berada di posisi keempat dalam tabel nilai jual. Jika ditotal dari keseluruhan pemain, Merah Putih 'dihargai' lima juta pounds atau setara Rp94 miliar.

    Di posisi pertama, ada Thailand yang taksiran harganya mencapai dua kali lipat lebih dari Timnas Indonesia, tepatnya Rp190,5 miliar.

    Pemain termahal Thailand, dinukil dari Transfermarkt adalah kapten sekaigus andalan tim, Chanathip Songkrasin. Market value-nya mencapai Rp30 miliar.

    Sementara pemain dengan nilai pasar termahal Timnas Indonesia dipegang oleh Asnawi Mangkualam, yakni kurang lebih 5 kali lebih murah daripada harga Chanathip, Rp6,6 miliar.

     

    4 dari 4 halaman

    Kiper Singapura Jadi Pemain Tertua yang Tampil di Piala AFF 2020

    Hassan Sunny, kiper Singapura, menjadi pemain tertua yang sudah tampil di Piala AFF 2020. Usianya saat bertanding melawan Myanmar adalah 37 tahun, delapan bulan, dan tiga hari.

    Striker naturalisasi Malaysia, Guilherme de Paula, ada di posisi kledua dengan 35 tahun 27 hari.

    Sementara di Timnas Indonesia, jika Victor Igbonefo dimainkan, maka ia akan jadi pemain kedua tertua di Piala AFF 2020, dengan usia 36 tahun.

    Timnas Indonesia hanya membawa dua pemain yang berusia di atas 30 tahun. Selain Igbonefo, Fachrudin Aryanto (32 tahun) juga jadi yang paling senior di skuad asuhan Shin Tae-yong.

    Sumber: Transfermarkt

    Video Populer

    Foto Populer