5 Pemain Debutan Timnas Indonesia yang Berpeluang Dimainkan Lawan Kamboja di Piala AFF 2020

Oleh Fitri Apriani pada 09 Des 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 07:30 WIB
Piala AFF - Ilustrasi Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah, Marckho Sandi, Ezra Walian, Elkan Baggot
Piala AFF - Ilustrasi Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah, Marckho Sandi, Ezra Walian, Elkan Baggot (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Di era Shin Tae-yong, banyak pemain mendapatkan debutnya di Timnas Indonesia senior. Hal itu tak lepas dari proyek peremajaan rata-rata usia pemain yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Di Piala AFF 2020, ada beberapa nama yang juga potensial untuk menjalani debut di Timnas Indonesia senior. Debutan dalam hal ini adalah pertandingan resmi di ajang besar, bukan sekadar uji coba.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2020. Lawan-lawan yang akan dihadapi yaitu Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia.

Laga pertama akan dihadapi Timnas Indonesia melawan Kamboja. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021), mulai pukul 19.30 WIB.

Lantas, siapa saja pemain yang berpotensi menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia senior saat melawan Kamboja? Berikut lima di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

1. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga
Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga saat sesi latihan jelang Piala AFF di Lapangan B Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penggawa PSIS Semarang berusia 20 tahun ini bermain di posisi bek. Ia sudah masuk dalam rombongan Timnas Indonesia senior saat pemusatan latihan (TC) dan uji coba di Turki.

Piala AFF 2020 menjadi pemanggilan pertamanya ke suatu event resmi. Peluang Alfeandra untuk diturunkan Shin Tae-yong dalam pertandingan Timnas Indonesia kontra Kamboja terbilang besar.

Alasannya, pesaing yang dihadapi kekuatannya di atas kertas di bawah Timnas Indonesia. Sehingga para pemain yang lebih berpengalaman akan disimpan untuk laga berat melawan Vietnam atau Malaysia.

 

3 dari 6 halaman

2. Edo Febriansyah

Foto: Gol Moh Edo di Menit Injury Time, Putuskan Rekor Kemenangan Beruntuk Arema FC di BRI Liga 1 2021 / 2022
Pemain Persita Tangerang, Moh. Edo Febriansyah (kiri) berebut bola dengan pemain Arema FC, Dendi Santoso saat laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 antara Arema FC melawan Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (27/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di usia 24 tahun, penggawa Persita Tangerang ini belum pernah merasakan memakai jersey Timnas Indonesia senior. Sekarang dengan namanya dipanggil masuk skuad untuk Piala AFF 2020, Edo berpeluang mencatat debutnya.

Peluang pemain di posisi belakang ini buat diturunkan Shin Tae-yong pada laga kontra Kamboja mungkin kecil. Namun, bukan berarti kesempatan itu tertutup 100 persen.

Tetap ada peluang buat Edo merasakan debut di Timnas Indonesia senior. Apalagi lawan yang dihadapi "hanya" Kamboja.

 

4 dari 6 halaman

3. Marckho Sandi Merauje

BRI Liga 1 2021: Borneo FC vs Bali United
Pemain Borneo FC, Marckho Sandi Merauje (kanan) berebut bola dengan pemain Bali United, Stefano Lilipaly dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Selasa (28/09/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain asal Papua ini hadir di Piala AFF 2020 bukan sebagai pelengkap. Ia masuk sejak TC dan uji coba Timnas Indonesia di Turki.

Oleh karena itu, peluangnya untuk merasakan debut di Timnas Indonesia senior dalam pertandingan melawan Kamboja terbilang besar. Bermain di posisi bek sayap kanan, Marckho bisa menjadi alternatif yang bagus entah sebagai starter atau pemain pengganti.

 

5 dari 6 halaman

4. Ezra Walian

Ezra Walian
Ezra Walian. (Bola.com/Dody Iryawan)

Piala AFF 2020 menjadi kesempatan pertamanya memperkuat Timnas Indonesia senior di ajang resmi. Ia pernah turun di SEA Games 2017, namun bersama Timnas Indonesia U-22.

Setelah itu, Ezra malah tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang apapun. Sebab, ada masalah administrasi terkait proses naturalisasi.

Namun sekarang, masalah itu sudah selesai dan Ezra bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi. Pemain Persib Bandung ini punya kans besar untuk diturunkan melawan Kamboja.

 

6 dari 6 halaman

5. Elkan Baggott

Foto: 5 Palang Pintu yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, Termasuk Elkan Baggott
Elkan Baggott - Bek tengah Ipswich Town ini dipastikan akan membela tim nasional Indonesia pada ajang Piala AFF 2020. Kehadiran pemain 19 tahun itu tentunya akan menjadi amunisi baru Timnas Indonesia untuk berjaya di ajang tersebut. (Dok. PSSI)

Elkan Baggott juga punya potensi untuk diturunkan melawan Kamboja. Tapi, kemungkinannya terbilang kecil karena ia baru tiba di Singapura dari Inggris dan sempat lama meninggalkan TC Timnas Indonesia di Turki.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong hampir pasti menyimpannya untuk pertandingan berikutnya. Meski tak menutup kemungkinan Elkan Baggott tetap bisa diturunkan.

"Elkan itu tidak bisa masuk ke starting eleven. Jadi saya berpikir harus memberikan istirahat kepada Elkan atau cadangan," kata Shin Tae-yong, saat konferensi pers virtual, sehari jelang laga kontra Kamboja.

Penulis: Fitri Apriani/Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓