Sukses


    Jadwal Piala AFF 2020 Menguntungkan Timnas Indonesia, Begini Prediksi Klasemen sebelum Berjumpa Malaysia

    Bola.com, Jakarta - Memang masih terlalu dini untuk menebak peluang Timnas Indonesia untuk setidaknya lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Tapi jika dilihat dari urutan dan jadwal pertandingan, rasanya anak asuh Shin Tae-yong cukup terbantukan.

    Bukan pekerjaan mudah bagi Timnas Indonesia agar menghilangkan status 'raja' runner-up. Persiapan tim-tim lain juga tak kalah kencang, karena mereka juga berpikir ingin berjaya di momen dua tahunan ini.

    Kini, Timnas Indonesia tentu saja tak ingin malu di pentas Piala AFF 2020. Perjuangan tim Merah Putih di pentas Piala AFF 2020. Timnas Indonesia berada di Grup B, yang tergolong sangat kompetitif.

    Selain Timnas Indonesia, di sana ada sang juara bertahan Piala AFF, Vietnam, lalu Kamboja, Laos dan sang tetangga, Malaysia. Berkaca dari situasi terkini, butuh perjuangan serta energi ekstra jika Timnas Indonesia ingin berbicara sampai fase final.

    Beruntung, fase penampilan Timnas Indonesia di Singapura 2021 tersebut seolah sudah dirancang, dari lawan yang relatif ringan menuju yang berat. Pada laga perdana Piala AFF 2020 (9/12/2021), Timnas Indonesia akan bersua Kamboja.

    Setelah itu, giliran Laos menanti (12/12/2021), Vietnam (15/12/2021) dan Malaysia (19/12/2021). Satu yang pasti, tak mudah bagi armada Shin Tae-yong melangkah ke fase semifinal.

    Lantas, bagaimana peluang Timnas Indonesia untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2020?

    2 dari 5 halaman

    Kamboja

    Timnas Indonesia di atas kertas diunggulkan bisa menaklukan Kamboja. Pasukan Ryu Hirose itu kalah 1-3 dari Malaysia pada pembukaan babak penyisihan Grup B, Senin (6/12/2021).

    Laga Timnas Indonesia versus Kamboja akan digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021), mulai pukul 19.30 WIB.

    Dari materi tim dan kemampuan pemain, Timnas Indonesia bisa dikatakan lebih baik. Hal itu terlihat dari catatan pertandingan internasional antara kedua negara. Secara umum, Kamboja memakai formasi 4-4-2.

    3 dari 5 halaman

    Laos

    Peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Laos terbuka lebar. Lagi-lagi, alasannya karena kemampuan teknis tim dan individu pemain lebih diunggulkan. Laga ini dijadwalkan digelar pada 12 Desember 2021, di Bishan Stadium.

    Skenario awal, Timnas Indonesia memang mengincar kemenangan atas Kamboja dan Laos. Sehingga menatap jadwal melawan Vietnam pada pertandingan ketiga sudah punya modal enam poin.

    Laos pada pertandingan pertama melawan Vietnam, Senin (6/12/2021), kalah 0-2. Formasi yang dipakai pelatih Selvaraj Vengadasalam adalah 5-3-2. Hal itu memperlihatkan blok pertahanan yang kuat untuk mengadang agresivitas lawan.

    4 dari 5 halaman

    Vietnam

    Vietnam sedikit ada di atas Timnas Indonesia. Terbukti saat pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, skuad Garuda kalah dua kali dari mereka dengan skor 1-3 dan 0-4.

    Sekarang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kembali satu grup dengan Vietnam. Bisa dipastikan, pertandingan pada 15 Desember 2021, di Bishan Stadium nanti adalah laga yang keras buat skuad Garuda.

    Maka dari itu, Shin Tae-yong harus punya pendekatan yang tepat dalam persiapan pertandingan. Termasuk pemilihan formasi, starter, hingga strategi pergantian pemain.

    Secara matematis, jika berhasil memenangkan duel melawan Vietnam, Timnas Indonesia punya kans besar untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF. Dengan koleksi sembilan poin hasil dari tiga kemenangan, Evan Dimas dkk. bisa saja sudah dipastikan lolos.

    Skenarionya adalah, Laos yang jadi lawan kedua Malaysia berhasil setidaknya menahan imbang. Sementara Vietnam, yang akan menghadapi Malaysia pada 12 Desember 2021, juga bermain imbang.

    Tentunya dibutuhkan keajaiban jika berandai-andai bahwa Malaysia bakal meraih hasil buruk pada laga-laga melawan Laos dan Vietnam.

    5 dari 5 halaman

    Malaysia

    Pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia selalu menyita perhatian, apapun ajangnya. Evan Dimas dan kawan-kawan akan menghadapi Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B, Minggu (19/12/2021), di National Stadium.

    Secara kekuatan, Timnas Indonesia dan Malaysia bisa dikatakan seimbang. Oleh karena itu, taktik dan strategi dari pelatih bisa jadi penentu hasil pertandingan, selain faktor keberuntungan.

    Malaysia di tangan Tan Cheng Hoe memakai formasi 4-3-3. Dari situ terlihat mereka coba memperkuat blok pertahanan dan lapangan tengah dengan mengandalkan striker gantung untuk serangan balik.

    Jika skenario yang telah disebutkan di atas benar-benar terjadi, maka posisi klasemen sebelum bersua Malaysia pada 15 Desember 2021 adalah sebagai berikut:

    • Indonesia (9pts)
    • Malaysia (7pts)
    • Vietnam (4pts)
    • Laos (2pts)
    • Kamboja (2pts)

    Artinya, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saja untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2021. Akankah terwujud?

     

    Diolah dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi, 8/12/2021)

    Video Populer

    Foto Populer