Sukses


    Piala AFF 2020: Woles... Elkan Baggott Duduk Manis di Bangku Cadangan, Bersua Kamboja Timnas Indonesia Andalkan Duet Maut Bek Gaek

    Bola.com, Jakarta - Nakhoda Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak menjamin Elkan Baggott akan bermain ketika melawan Kamboja pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Pemain Ipswich Town U-23 itu baru bargabung dengan skuad Garuda. Agak riskan memaksakannya bermain sejak menit awal.

    Elkan Baggott baru bergabung dengan Timnas Indonesia pada Rabu (8/12/2021). Sementara pertandingan kontra Kamboja akan digelar Kamis (9/12/2021), di Bishan Stadium, Singapura, mulai pukul 19.30 WIB. Ia diyakini tak siap secara fisik 100 persen.

    Shin Tae-yong kemungkinan untuk menyimpan Elkan Baggott di bangku cadangan. Kondisi bek berusia 19 tahun itu disebutnya belum bugar lantaran harus menempuh perjalanan panjang dari Inggris ke Singapura.

    "Elkan itu tidak bisa masuk ke starting eleven. Jadi saya berpikir harus memberikan istirahat kepada Elkan atau cadangan," ujar Shin Tae-yong, saat konferensi pers virtual, sehari jelang laga kontra Kamboja.

    Shin Tae-yong mengatakan bahwa persiapan timnya menuju Piala AFF 2020 sudah maksimal. Selain Kamboja, Timnas Indonesia juga akan menjajal kekuatan Laos, Vietnam, dan Malaysia pada babak penyisihan Grup B.

    "Sepak bola itu bisa banyak ada perubahan di dalam pertandingannya. Jadi kami harus mempersiapkannya dengan baik, satu demi satu," tutur pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

    "Jadi akan mempersiapkan semua pertandingan dengan cara yang sama. Bukan hanya Kamboja, tetapi lawan Laos, Vietnam, Malaysia juga akan mempersiapkan dengan baik, bekerja keras dan bekerja maksimal," imbuh Shin Tae-yong.

    2 dari 3 halaman

    Pengalaman Ciptakan Rasa Nyaman

    Kehilangan Baggott tidak bakal membuat Shin Tae-yong pusing. Sebab, Timnas Indonesia hanya akan menghadapi lawan sekelas Kamboja.

    Dalam partai pertamanya di Piala AFF, Kamboja takluk 1-3 dari Malaysia pada 6 Desember 2021. Dengan kata lain lini pertahanan Timnas Indonesia tidak akan intens mendapat tekanan dari kubu lawan.

    Sebagai pengganti Baggott, Shin Tae-yong punya pilihan bervariasi. Arsitek asal Korea Selatan itu tinggal menunjuk Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, atau Alfeandra Dewangga.

    Shin Tae-yong diyakini telah menunjuk Fachrudin Aryanto sebagai bek tengah utama Timnas Indonesia di Piala AFF. Pemain 32 tahun asal Madura United itu kerap menjadi starter dalam rangkaian uji coba di Turki pada November 2021.

    Fachrudin sudah kenyang pengalaman berlaga di Piala AFF. Pada edisi 2016 saat Timnas Indonesia menembus partai final, ia jadi poros kekuatan lini belakang bareng bek muda, Hansamu Yama.

    Ia kemungkinan bakal diduetkan sesama stoper matang pengalaman Victor Igbonefo (36 tahun). Kombinasi keduanya diyakini bakal membuat lini belakang solid dan menciptakan kenyamanan bagi penjaga gawang dan kedua bek sayap yang bakal sering naik untuk membantu serangan.

    Sebagai alternatif STY juga bisa memaksimalkan Ryuji Utomo. Walau dari sejumlah laga uji coba terlihat kalau pemain Persija Jakarta yang dipinjamkan ke klub Malaysia, Penang FA itu disiapkan sebagai pemain serep. Ia bukan prioritas utama sang pelatih.

    Kalaupun keadaan darurat Shin Tae-yong bisa menarik Rachmat Irianto, yang biasanya bermain sebagai jangkar, ke pos stoper. Tapi agaknya hal itu tak akan dilakukan mengingat sang pemain Persebaya Surabaya disiapkan sebagai gelandang angkut air saat transisi permainan bertahan ke menyerang.

     

     

    3 dari 3 halaman

    Komposisi Bek Timnas Indonesia

    • 1. Fachrudin Aryanto, Madura United (32 tahun)
    • 2. Victor Igbonefo, Persib bandung (36)
    • 3. Ryuji Utomo, Penang FC (26)
    • 4. Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang (20)
    • 5. Elkan Baggott, Ipswich Town (19)
    • 6. Pratama Arhan, PSIS Semarang (19)
    • 7. Edo Febriansyah, Persita Tangerang (24)
    • 8. Rizky Ridho, Persebaya Surabaya (20)
    • 9. Rizky Dwi, Arema FC (24)
    • 10. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners (24)
    • 11. Marckho Sandi, Borneo FC (27)

    Video Populer

    Foto Populer