Sukses


    Piala AFF 2020: Lini Depan Timnas Indonesia Loyo? Kalem, Shin Tae-yong Punya Solusinya

    Bola.com, Bishan - Lini depan Timnas Indonesia dianggap loyo. Empat striker yang dibawa pelatih Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020 tidak punya statistik tokcer. Bagaimana pembelaan arsitek asal Korea Selatan itu?

    Alih-alih memanggil Ilija Spasojevic yang berlabel top scorer BRI Liga 2021/2022, Shin Tae-yong justru lebih memercayai Ezra Walian, Kushedya Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara.

    Akumulasi gol keempatnya di BRI Liga 1 dengan lima gol dari 31 penampilan, masih terpaut jauh dari perolehan gol Spasojevic. Striker naturalisasi itu mengemas 12 gol dalam 15 partai untuk Bali United.

    Kata Shin Tae-yong, tugas mencetak gol di Timnas Indonesia tidak hanya dibebankan kepada striker, juga diserahkan kepada gelandang. Oleh sebab itu, pelatih berusia 52 tahun ini tidak ambil pusing dengan produktivitas lini depannya.

    "Memang masalah di setiap tim berbeda-beda. Namun untuk saya, mau striker atau pun gelandang, harus bisa cetak banyak gol. Baru Timnas Indonesia bisa jadi lebih kuat dan baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual pra-laga melawan Kamboja, Rabu (8/12/2021).

    "Tidak ada posisi yang harus banyak cetak gol, tetapi harus sama-sama bisa cetak gol banyak. Jadi jika mereka melakukan permainan yang diinginkan oleh saya, pastinya mereka ada di posisi di manapun bisa cetak gol," imbuh Shin Tae-yong.

    2 dari 4 halaman

    Gelandang Timnas Indonesia Produktif

    Perkataan Shin Tae-yong ada benarnya. Top scorer sementara Timnas Indonesia sejak partai kompetitif pertamanya pada Mei 2021 adalah Evan Dimas, seorang pemain tengah.

    Evan Dimas membukukan empat gol, disusul Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya yang kompak mendulang tiga gol. Keduanya juga bukan penyerang.

    Satu-satunya bomber Timnas Indonesia yang mampu mencetak gol dalam rentang waktu ini adalah Ezra Walian. Striker Persib Bandung itu membuat dua gol dalam rangkaian uji coba di Turki pada November 2021.

    3 dari 4 halaman

    Lawan Kamboja

    Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja dalam partai pertamanya pada Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021).

    "Kami melakukan persiapan dengan baik. Saya juga sudah menonton dua pertandingan Piala AFF secara langsung," kata terang Shin Tae-yong.

    "Saya merasakan Timnas Indonesia bisa menang jika melakukan permainan yang saya inginkan. Apa yang saya minta ke pemain sudah saya sampaikan dalam latihan," jelas Shin Tae-yong.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia Vs Kamboja

    Matchday Kedua Grup B Piala AFF 2020

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja
    • Kamis, 9 Desember 2021
    • Bishan Stadium, Bishan
    • Kick-0ff 19.30 WIB
    • Live Streaming Vidio

    Video Populer

    Foto Populer