Sukses


    Pesta Gol Timnas Indonesia di Piala AFF : Yuk Lihat Siapa Saja yang Pernah Merobek Jala Kamboja

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan mengawali usaha meraih trofi Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021) malam ini WIB. Sang lawan perdana di Grup B adalah Timnas Kamboja, yang notabene di atas kertas bukan lawan sulit.

    Sekadar informasi, Timnas Kamboja sudah merasakan kekalahan perdana di panggung Piala AFF 2020. Pada laga pertama, mereka ditekuk Malaysia dengan skor 1-3.

    Hasil itu memberi gambaran kans besar bagi Timnas Indonesia memetik tiga angka dari tim yang dianggap terlemah di Grup B ini. Sikap optimistis sudah menjulang, terutama dengan fakta kalau Kamboja selalu menjadi lumbung gol bagi Indonesia di panggung Piala AFF.

    Pada beberapa pertemuan di fase grup Piala AFF dan Piala Tiger, Timnas Indonesia selalu bisa mencetak gol, minimal tiga kali merobek jala Kamboja per pertandingan.

    Pada Piala AFF 2008 misalnya, Timnas Indonesia sanggup menggulung Kamboja dengan skor 4-0. Gol-gol lahir via hattrick Budi Sudarsono pada menit ke-15, 54' dan 70', serta satu gol sumbangsih Bambang Pamungkas (76').

     

    2 dari 2 halaman

    Pesta Gol Lain

    Sayang, pada event tersebut, Indonesia hanya sanggup melangkah sampai ke babak semifinal. Di empat besar ini, Tim Merah Putih takluk dari Thailand, yakni 0-1 pada leg pertama, dan kalah 2-1 di pertemuan kedua.

    Pertemuan Timnas Indonesia dan Kamboja yang terekam para penggemar sepak bola di Tanah Air terjadi pada 13 Desember 2004. Pada fase grup Piala AFF 2004 itu, Indonesia mencukur Kamboja dengan skor 8-0.

    Saat itu, para pencetak gol ke gawang Kamboja adalah Ilham Jayakesuma (5', 48', 56'), Elie Aiboy (30', 55'), Kurniawan Dwi Yulianto (74', 76') dan Ortizan Solossa (90'). Mundur lagi ke Piala AFF 2002, Timnas Indonesia kembali empat kali merobek jala gawang Kamboja.

    Pada pertandingan yang berlangsung 17 Desember 2002 tersebut, empat gol lahir via Zaenal Arief pada menit ke-35 dan hattrick Bambang Pamungkas (58', 79', 80'). Terakhir, pesta gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Kamboja pada level Piala AFF ada pada perhelatan 1996.

    Kala itu, Indonesia menang 3-0. Tiga gol lahir via Kurniawa Dwi Yulianto pada menit ke-15, Peri Sandria (23') dan Eri Irianto (60'). Nah, malam ini kira-kira Timnas Indonesia bisa menang dengan selisih berapa gol?

    Video Populer

    Foto Populer