Piala AFF 2020: Dengerin Tuh Timnas Indonesia, Kamboja Mau Menguasai Permainan

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 09 Des 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 11:35 WIB
Manajer Timnas Kamboja, Keisuke Honda di Piala AFF 2020.
Manajer Timnas Kamboja, Keisuke Honda di Piala AFF 2020. (AFF Suzuki Cup).

Bola.com, Bishan - Timnas Kamboja ingin mengulangi pencapaian ketika melawan Malaysia. Tim berjuluk Angkor Warriors itu mau mendominasi permainan kala menghadapi Timnas Indonesia.

Kamboja akan menantang Timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Bishan, Singapura pada Kamis (9/12/2021).

Saat takluk 1-3 dari Malaysia pada 6 Desember 2021, Kamboja unggul dalam sejumlah segi statistik, termasuk penguasaan bola. Angkor Warriors menguasai ball possesion sebanyak 54 persen.

Berdasarkan statistik Lapang Bola, Kamboja juga dominan dalam jumlah operan 393-324, umpan silang 5-3, dan tekel 27-22 ketimbang Malaysia.

"Tidak masalah siapa yang kami hadapi, tujuannya sama dan itu untuk terus mengembangkan konsep tim kami dan cara kami bermain," kata pelatih Kamboja, Ryu Hirose dinukil dari laman Piala AFF.

"Kami ingin mendominasi pertandingan melawan tim mana pun, bahkan Brasil atau siapa pun, mempertahankan penguasaan bola dan memenangkan bola di area tinggi lapangan dan itulah yang kami lakukan," jelas arsitek asal Jepang itu.

Ryu Hirose mengakui Timnas Indonesia lebih baik dari Kamboja. Namun, Angkor Warriors tetap bernafsu untuk memberikan perlawanan seperti ketika Chan Vathanaka dkk. jatuh bangun menantang Malaysia.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk Kamboja dan kami tahu rekor buruk kami ketika menghadapi Timnas Indonesia," terang Ryu Hirose.

2 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Piala AFF - Ilustrasi Timnas Indonesia Vs Kamboja
Piala AFF - Ilustrasi Timnas Indonesia Vs Kamboja (Bola.com/Adreanus Titus)

Secara rekor pertemuan, Kamboja bak bumi dan langit dengan Timnas Indonesia. Angkor Warriors cuma memenangkan tiga partai dari 23 pertandingan, dengan 19 kali kalah dan sekali seri.

"Kami harus melakukan perubahan di Piala AFF, begitu pula ketika kami menghadapi tim-tim lain. Tidak penting siapapun yang kami hadapi di turnamen ini, kami akan coba memberkan yang terbaik," ujar Ryu Hirose.

"Yang penting tim selalu menerapkan taktik dan skema yang sudah kami persiapkan, karena sejatinya itu yang penting untuk kami dalam menjalankan pertandingan. Kami mewaspadai penyerang tengah dan sisi kanan Indonesia. Jika kedua itu bekerja dengan baik akan sangat berbahaya," ucap Ryu Hirose.

3 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Kamboja

Piala AFF - Indonesia Vs Kamboja
Piala AFF - Indonesia Vs Kamboja (Bola.com/Adreanus Titus)

Matchday Kedua Grup B Piala AFF 2020

  • Timnas Indonesia Vs Kamboja
  • Kamis, 9 Desember 2021
  • Bishan Stadium, Bishan
  • Kick-0ff 19.30 WIB
  • Live Streaming Vidio
4 dari 4 halaman

Statistik ketika Kamboja Kalah dari Malaysia

Lanjutkan Membaca ↓