Sukses


    Raih Kemenangan Perdana di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Diminta Tetap Fokus dan Tak Jemawa

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia mengawali Piala AFF 2020 dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja pada laga Grup B, Kamis (9/12/2021). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta pasukan Shin Tae-yong itu tetap fokus dan tak jemawa.

    Timnas Indonesia meraih kemenangan melalui gol yang dicetak Rachmat Irianto (4', 33'), Evan Dimas (17'), dan Ramai Rumakiek (54'). Adapun Kamboja mencetak gol melalui Yue Safy (37') dan Prak Mony Udom (60').

    "Alhamdulillah, kami bersyukur Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan. Terima kasih untuk perjuangan dan kerja keras pemain, meskipun masih harus ada perbaikan terutama dalam kerja sama tim," kata Mochamad Iriawan.

    "Masih ada tiga pertandingan lagi. Apalagi melawan Vietnam dan Malaysia, pemain harus fokus. Jangan cepat puas, jangan menganggap enteng lawan dan selalu berjuang maksimal demi torehan terbaik di Piala AFF 2020," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

    Raihan tiga poin membuat Timnas Indonesia kini berada di peringkat kedua Grup B Piala AFF 2020. Tim Garuda tertinggak tiga poin dari Malaysia yang sudah bermain dua kali.

    Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Laos, Minggu (12/12/2021). Duel ini menjadi momentum bagi Evan Dimas dkk. untuk melanjutkan tren positif di Piala AFF 2020.

    2 dari 3 halaman

    Dikritik Shin Tae-yong

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengkritik mentalitas pemainnya saat menghadapi Kamboja. Shin Tae-yong menyebut para pemainnya sedikit menganggap remeh lawan setelah unggul tiga gol.

    ”Dengan alasan skor jauh juga, para pemain kami menganggap lawan mudah, ini memang kesalahan dari pemain kami," ucap Shin Tae-yong.

    "Jadi, ini yang harus diperbaiki untuk kami juga memang akan ditegur juga untuk masalah-masalah seperti ini," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

    3 dari 3 halaman

    Akhiri Rapor Buruk

    Kemenangan atas Kamboja memutus tren buruk tak pernah menang pada laga perdana Piala AFF. Sejak edisi 2012, Timnas Indonesia selalu gagal meraih tiga poin.

    Kali terakhir Timnas Indonesia meraih kemenangan adalah pada Piala AFF 2010. Hebatnya, Tim Garuda yang ketika itu diasuh Alfred Riedl menang telak 5-1 atas musuh bebuyutan, Malaysia.

    Ini jadi modal bagus buat Timnas Indonesia melangkahkan kaki pada tiga laga berikutnya. Pada Minggu, 12 Desember 2021, Ezra Walian cs akan menghadapi Laos.

    Video Populer

    Foto Populer