Sukses


    3 Petaka yang Kemungkinan Muncul Saat Elkan Baggott Tidak Bisa Perkuat Timnas Indonesia Vs Vietnam di Piala AFF 2020: Lini Belakang Terancam

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bersua Vietnam pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2020. Meski Vietnam tampil garang dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memiliki tren oke kontra sang lawan di Piala AFF.

    Rencananya, pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam akan berlangsung di Bishan Stadium, Rabu (15/12/2021) malam WIB. Duel ini penting bagi kedua tim demi menjaga asa lolos ke semifinal.

    "Kami mempersiapkan pertandingan melawan Vietnam dengan baik. Namun, ada sesuatu yang terjadi, namun tidak diinginkan oleh kami," kata Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers hari Selasa (15/12/2021).

    "Kalau tidak ada hal-hal seperti ini, mungkin akan lancar saja," lanut juru taktik asal Korea Selatan itu.

    Belakangan sesuatu yang terjadi yang dimaksud Shin Tae-yong adalah palang pintu andalan Timnas Indonesia, Elkan Baggott yang harus menjalani karantina.

    Pemain berusia 19 tahun itu akan menjalani karantina sampai 18 Desember 2021 lantaran satu pesawat dengan satu orang yang terinfeksi COVID-19.

    Bola.com merangkum tiga petaka yang mungkin muncul karena Timnas Indonesia bermain tanpa Elkan Baggott saat bersua Timnas Vietnam.

    2 dari 4 halaman

    1. Merusak Rencana

    Shin Tae-yong telah mengatakan sesuatu yang terjadi ini dan ternyata soal Elkan Baggott harus absen, mengganggu persiapan Timnas Indonesia jelang bertemu Timnas Vietnam.

    Awalnya Elkan Baggott sudah dipastikan bakal turun sejak menit pertama sebagai bek tengah. Namun kini Shin Tae-yong harus putar otak mengubah strategi.

    Ada beberapa nama yang bisa dimainkan sebagai duet bek tengah. Dari Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Fachrudin Aryanto sampai Alfeandra Dewangga.

    Tapi jika melihat performa empat bek tengah di atas saat melawan Laos dan Kamboja, tanpa mengucilkan pemain lain, Elkan Baggott punya kemampuan paling mumpuni.

    3 dari 4 halaman

    2. Lini Belakang Dalam Bahaya

    Elkan Baggott awalnya diplot sebagai solusi dari permasalahan lini belakang Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF 2020.

    Data statistik menuliskan meski hanya bertemu Laos dan Kamboja, lini belakang Skuad Garuda sudah kebobolan tiga gol.

    Pada dua laga tersebut, Elkan Baggott belum bermain sebagai starter. Kini saat situasinya sudah siap melihat sang pemain turun dari menit pertama, pemain Ipswich Town itu harus absen.

    4 dari 4 halaman

    3. Kepercayaan Diri Menurun

    Suka atau tidak suka, kehadiran Elkan Baggott meningkatkan kepercayaan diri para penggawa lini belakang.

    Contoh ketika bertemu Laos. Timnas Indonesia kebobolan dua gol di babak pertama. Namun ketika Elkan Baggott masuk pada babak kedua, situasi berubah.

    Lini belakang Timnas Indonesia mendadak sulit ditembus. Rasa kenyamanan yang dihadirkan Elkan Baggot dipastikan hilang saat bertemu Vietnam. Pemain pengganti juga mendapat beban berat untuk mengisi pos bek tengah.

     

    Video Populer

    Foto Populer