Sukses


    Piala AFF 2020: Prediksi Starting XI Timnas Indonesia saat Menjajal Vietnam Tanpa Elkan Baggott, Belakang Rawan?

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tidak bisa menurunkan komposisi terbaiknya ketika menghadapi Timnas Vietnam pada matchday keempat Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021) pukul 19.30 WIB. Bek andalan Elkan Baggott tidak bisa diturunkan harus menjalani karantina.

    Stoper Timnas Indonesia itu harus menjalani karantina karena berada satu pesawat dengan penumpang yang dilaporkan terpapar Covid-19 ketika terbang dari Inggris ke Singapura. Dia harus isolasi mandiri sampai 18 Desember 2021.

    Absennya bek Ipswich Town tersebut menjadi kerugian tersendiri bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, dia berpotensi menjadi starter setelah tampil gemilang sebagai pengganti dalam laga kontra Laos pada matchday sebelumnya.

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harus memutar otak lebih keras untuk menentukan sebelas pemain utama melawan Vietnam. Terutama untuk mengisi posisi bek tengah yang selama ini menjadi kelemahan Tim Merah-Putih di dua laga awal penyisihan Grup B melawan Kamboja dan Laos.

    Berikut perkiraan Starting XI Timnas Indonesia kontra Vietnam dengan formasi 4-3-3 tanpa kehadiran sosok Elkan Baggott.

    2 dari 5 halaman

    Kiper

    Muhammad Riyandi sebenarnya merupakan penjaga gawang andalan Shin Tae-yong dalam partai uji coba maupun laga resmi. Termasuk ketika tampil pada Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023.

    Namun, dalam dua laga awal di Piala AFF 2020, Riyandi belum dimainkan. Pemain Barito Putera tersebut kemungkinan sengaja disimpan untuk menghadapi laga besar seperti kontra Vietnam.

    3 dari 5 halaman

    Belakang

    • Bek Kanan: Asnawi Mangkualam

    Asnawi telah menjadi pemain kesayangan Shin Tae-yong sejak awal. Sulit melihat pemain yang membela klub Ansan Greeners tersebut duduk di bangku cadangan pada laga penting seperti lawan Myanmar.

    Pada laga melawan Laos, Asnawi tampil sangat bagus. Dia membuka keran gol Timnas Indonesia lewat eksekusi penalti. Setelah itu, Asnawi membuat assist untuk gol yang dicetak Irfan Jaya.

    • Bek Tengah: Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho Ramadhani

    Satu posisi bek tengah kembali akan menjadi milik Alfeandra Dewangga. Pemain PSIS Semarang itu tak tergantikan sejak Timnas Indonesia menghadapi Kamboja dan Laos.

    Kinerjanya di lini belakang skuad Garuda dalam dua laga pertama tak perlu diragukan. Dia mencatatkan 10 intersep, tiga tekel sukses dan enam sapuan. 

    Rizky Ridho Ramadhani juga kemungkinan akan kembali menemani Alfeandra di sektor bek tengah. Sebelumnya, Bek Persebaya Surabaya tersebut menjadi starter ketika menghadapi Laos.

    Tampil selama 71 menit, Rizky Ridho mampu melakukan 1 sapuan dan 1 kali memblok serangan lawan. Bek 20 tahun tersebut juga punya akurasi umpan mencapai 91,9 persen, jauh lebih baik dari stoper yang lain.

    Bek Kiri: Edo Febriansyah

    Tampil 90 menit pada laga kontra Laos mengisyaratkan Edo Febriansyah akan mengunci posisi bek kiri. Dia akan mengisi peran yang ditinggalkan Pratama Arhan karena cedera.

    Statistik dalam 139 menit penampilannya juga tak mengecewakan dalam membantu pertahanan. Bek Persita Tangerang itu melakukan tiga tekel sukses, dua intersep, dan dua sapuan.

    4 dari 5 halaman

    Tengah

    •  Gelandang Bertahan: Rachmat Irianto

    Rachmat Irianto akan terus dipercaya untuk berperan sebagai gelandang bertahan Timnas Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya tersebut akan kembali masuk dalam skuad utama melawan Vietnam.

    Untuk urusan bertahan, anak kandung Bejo Sugiantoro itu mampu mencatatkan empat tekel sukses, satu sapuan, satu block dan enam intersep. Dia juga ikut menyumbang dua gol saat melawan Kamboja. 

    • Gelandang Pengatur Serangan: Evan Dimas

    Evan Dimas Darmono merupakan ruh permainan Timnas Indonesia. Gelandang Bhayangkara FC sangat piawai dalam mengkreasikan peluang, karena itu perannya di lini tengah tak tergantikan.

    Sebanyak tujuh peluang berhasil diciptakan Evan Dimas dalam dua penampilannya bersama timnas. Dia juga mencetak dua gol dan satu assist ketika menghadapi Laos dan Kamboja.

    • Gelandang Serang: Ricky Kambuaya

    Ricky Kambuaya menjadi tandem Evan Dimas di lini tengah. Gelandang Persebaya Surabaya selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong dalam dua laga pertama Timnas Indonesia.

    Kambuaya merupakan pemain yang piawai mengkreasikan serangan. Dia juga melepaskan tiga umpan kunci dan menyumbang satu assist ketika Skuad Garuda mengalahkan Kamboja.

     

    5 dari 5 halaman

    Depan

    • Sayap Kiri: Irfan Jaya

    Belum bergabungnya Egy Maulana Vikri membuat Shin Tae-yong selalu melirik Irfan Jaya. Dalam dua laga pertama di Piala AFF, winger PSS Sleman itu selalu jadi starter.

    Irfan Jaya tak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dengan penampilan apik di lapangan. Bahkan, dia terpilih menjadi man of the match melawan Laos berkat satu gol dan satu assist.

    • Sayap Kanan: Witan Sulaiman

    Winger Lechia Gdansk, Witan Sulaeman layak untuk kembali dipercaya sebagai starter. Apalagi setelah performa apiknya sebagai supersub melawan Laos.

    Witan mencetak satu gol ketika Timnas Indonesia mengalahkan Laos 1-5. Dia juga membantu Ezra Walian membukukan gol pertamanya. 

    • Striker: Ezra Walian

    Ikut membantu Timnas Indonesia mengalahkan Laos 1-5, Ezra Walian pantas untuk tampil sejak menit pertama. Dalam urusan menyerang, dia masih lebih baik dari striker lainnya.

    Penyerang Persib Bandung tersebut melepaskan dua umpan kunci dan melepas satu tendangan on target. Satu tembakan yang mengarah ke gawang juga menjadi gol ke gawang Laos.

     

    Sumber asli: Bola.net

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 15/12/2021)

    Video Populer

    Foto Populer