Sukses


    Piala AFF 2020: Kinerja Bek Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Solid dan Kuat!

    Bola.com, Jakarta - Soliditas para pemain belakang Timnas Indonesia membuahkan hasil imbang melawan Vietnam. Dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020, di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB, laga berakhir seri 0-0.

    Gelombang serangan dari para pemain Vietnam yang datang bertubi-tubi mampu dipatahkan barisan pertahanan Timnas Indonesia. Ditunjang formasi 5-4-1, lapisan belakang skuad Garuda sangat sulit ditembus.

    Lima pemain belakang yang diturunkan Shin Tae-yong dalam pertandingan tadi adalah Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan. Ditambah dengan satu gelandang bertahan, yaitu Rachmat Irianto.

    Dari lima pemain belakang itu, yang diganti hanya Asnawi Mangkualam. Itu pun karena cedera dan ia digantikan oleh Rizki Dwi Febrianto pada menit ke-70.

    Formasi lima bek itu terbukti efektif untuk meredam agresivitas Vietnam. Ini terlihat dari penguasaan bola yang hampir 70 persen buat Vietnam, tetapi tidak ada gol yang tercipta.

     

    2 dari 3 halaman

    Lini Belakang Jatuh Bangun

    Dari statistik yang disajikan affsuzukicup.com, terlihat tembok Timnas Indonesia menahan tembakan sampai 13 kali. Jumlah yang terhitung tinggi, seimbang dengan beragam serangan yang dilancarkan Vietnam.

    Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata juga berperan dalam menjaga pertahanan Timnas Indonesia. Hal itu terlihat dari jumlah penyelamatan yang dilakukan.

    Performa bek sayap Timnas Indonesia yang diperankan Asnawi Mangkualam di kanan dan Pratama Arhan di kiri terbilang oke. Keduanya mampu menjaga sisi sayap dengan baik.

    3 dari 3 halaman

    Modal Hadapi Malaysia

    Saat ini, Timnas Indonesia masih ada di puncak klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi tujuh angka. Poin itu didapat dari dua kali menang dan sekali imbang.

    Hasil imbang melawan Vietnam menjadi modal tersendiri buat Timnas Indonesia menghadapi Malaysia pada laga pamungkas. Setidaknya, skuad Garuda punya kepercayaan diri tinggi.

    Itu karena, Malaysia di laga kontra Vietnam menelan kekalahan telak 0-3. Sehingga Timnas Indonesia yang bisa mengimbangi pasukan Park Hang-seo punya motivasi besar dan keyakinan untuk menang atas Malaysia dan lolos ke babak semifinal.

    Video Populer

    Foto Populer