Sukses


    Dubes RI untuk Singapura soal Karantina Elkan Baggott di Piala AFF 2020: Murni Kasus Omricon, Tidak Ada Sabotase Timnas Indonesia

    Bola.com, Singapura - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Singapura, Suryo Pratomo, angkat bicara mengenai karantina bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

    Sejak tiba di Singapura pada 8 Desember, Baggott telah beberapa kali dites PCR dan hasilnya negatif. Dia bahkan sempat bermain selama 45 menit ketika Timnas Indonesia melawan Laos pada 12 Desember 2021.

    "Memang ketika Elkan tiba dan jalani tes PCR, hasilnya negatif. Tetapi ada satu penumpang di pesawat tersebut yang setelah dilakukan pemeriksaan positif COVID omicron," kata Suryo di akun Facebook KBRI Singapura.

    Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengirim surat kepada Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) untuk membebaskan Baggott dari Karantina. Namun, kebijakan itu mutlak dari Kemenkes Singapura, bukan penyelenggara Piala AFF.

    "Pada 14 Desember 2021, Sekjen FAS Yazeen Buhari mengatakan perintah untuk karantina dan pengecualian bukan kewenangan panitia Piala AFF atau FAS, melainkan Kemenkes Singapura," imbuh Suryo Pratomo.

    "Karena itu, kondisi ini tidak ada kaitannya dengan bagian dari upaya pelemahan Timnas Indonesia. Yang dilakukan Kemenkes Singapura adalah memberikan jaminan kesehatan bagu orang yang di pesawat dan diharapkan tidak menjadi pusat penularan bagi warga Singapura."

    Tidak cuma Elkan Baggott, semua penumpang di pesawat itu juga dikarantina.

    "Sekali lagi, Pusat Nasional Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Singapura punya aturan bahwa mereka yang melakukan kontak erat, artinya berada dalam satu ruangan lebih dari 15 menit, itu memang orang yang berpotensi tertular COVID-19 apalagi ini varian Omicron," paparnya.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Shin Tae-yong Kecewa

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, gagal paham dengan peraturan pemerintah Singapura terhadap Elkan Baggott. Bek berusia 19 tahun itu harus diisolasi selama lima hari dan absen melawan Vietnam.

    Elkan Baggott terpaksa menjalani isolasi karena berada satu pesawat dengan penumpang yang positif COVID-19 varian Omicron dalam perjalanan dari Inggris menuju Singapura pada 7 Desember 2021.

    Tanpa Baggott, Timnas Indonesia masih mampu mengimbangi Vietnam 0-0 dalam matchday keempat Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

    Shin Tae-yong menepati janjinya untuk menjelaskan persoalan timnya ketika hendak menghadapi Vietnam.

    Saat konferensi pers sehari sebelum bertanding, Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia mengalami kendala, namun baru akan mengungkapkannya setelah melawan Vietnam.

    3 dari 4 halaman

    Jadwal Piala AFF 2020

    Kamis, 9 September 2021

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja (4-2)

    Minggu, 12 Desember 2021

    • Laos Vs Timnas Indonesia (1-5)

    Rabu, 15 Desember 2021

    • Timnas Indonesia Vs Vietnam (0-0)

    Minggu, 19 Desember 2021

    • Malaysia Vs Timnas Indonesia
    4 dari 4 halaman

    Klasemen Piala AFF

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer