Sukses


    Strategi Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Vs Vietnam di Piala AFF 2020 Tuai Pujian: Sengaja Imbang, Biar Berantemnya Sama Malaysia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil mencuri satu poin kala berhadapan dengan Vietnam dalam lanjutan babak penyisihan grup B Piala AFF 2020. Skuad Garuda menahan imbang 0-0 Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

    Hasil yang positif bagi tim Merah-putih tentunya karena masih berada di puncak klasemen. Timnas Indonesia mampu membuat frustrasi Vietnam dalam pertandingan ini.

    Vietnam yang mengontrol penuh jalannya laga, harus puas mengemas skor 0-0 kontra Indonesia. Berdasarkan statstik, Vietnam memegang 68 persen penguasaan bola. Namun, dominasi penguasaan bola itu tidak cukup untuk menjebol gawang Timnas Indonesia.

    Vietnam tercatat hanya membukukan satu tendangan mengarah ke gawang. Selebihnya, serangan Vietnam kandas di pertahanan Asnawi Mangkualam dkk. yang main rapat dan disiplin sepanjang pertandingan.

    Vietnam yang terus berusaha menyerang malah akhirnya terlihat kebingungan karena upaya mereka selalu kandas. Sebaliknya, Timnas Indonesia sama sekali tidak mencatatkan tendangan ke gawang.

    Hasil imbang tersebut membuat Timnas Indonesia tetap bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Tim besutan Shin Tae-yong mengantongi nilai tujuh, sama dengan Vietnam di peringkat kedua. Namun, Skuad Garuda unggul selesih gol.

     

    2 dari 3 halaman

    Terlihat dari Gestur

    Taktik dan strategi yang diinstruksikan pelatih Shin Tae-yong mendapat pujian, karena setidaknya tidak kalah dari Vietnam yang secara kelas memang sebenarnya masih di atas Indonesia. Terbukti Vietnam banyak mendominasi permainan dan serangan.

    Sementara Timnas Indonesia lebih banyak bermain bertahan, bahkan tidak satupun melakukan tendangan ke arah gawang Vietnam. Taktik bertahan Timnas Indonesia pada laga kontra Vietnam di Piala AFF 2020, bisa dikatakan cukup berhasil membuat lawan kesulitan.

    “Itu memang strategi untuk mencari draw, biar berantemnya sama Malaysia. Shin Tae-yong passti sengaja, terlihat dari gesturnya, tenang banget. Kalau menurut saya sengaja mencari hasil imbang di pertandingan kemarin kontra Vietnam,” tutur pengamat sepak bola nasional Agung Setyabudi kepada Bola.com, Kamis (16/12/2021).

    3 dari 3 halaman

    Laga Penentuan

    Setelah berhasil menahan draw Vietnam, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terbuka lebar. Kuncinya adalah dalam partai terakhir grup B melawan Malaysia, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

    Nasib Indonesia akan ditentukan pada laga kontra Malaysia. Hasil imbang sudah cukup mengantar Timnas Indonesia ke semifinal. Mengingat Malaysia sudah kalah satu kali yakni dari Vietnam 0-3, sementara Timnas Indonesia sejauh ini belum menelan kekalahan.

    “Tapi secara umum permainan sudah baik. Besok harus incar juara grup, berarti wajib menang dan tidak meremehkan Malaysia. Karena mereka juga bagus, permainannya terorganisir,” jelas pria yang juga merupakan eks penggawa Timnas Indonesia tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer