Sukses


    Piala AFF 2020: Media Vietnam Tuding Timnas Indonesia Jago Kungfu, Korbannya Nguyen Cong Phuong

    Bola.com, Jakarta - Vietnam harus puas berbagi angka sama melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan penyisihan grup B Piala AFF 2020. Kedua tim bermain draw 0-0 di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

    Kubu Vietnam memang menguasai jalannya permainan dengan lebih banyak menekan Timnas Indonesia. Namun rapatnya pertahanan skuad Merah-putih membuat Vietnam kesulitan membobol gawang Nadeo Agrawinata.

    Seperti kesal dengan hasil imbang yang diraih, Vietnam mengkritisi permainan Timnas Indonesia yang dinilai kassar. Bahkan satu di antara media Vietnam menuding pasukan Shin Tae-yong memainkan Kungfu pada laga kemarin.

    Merujuk statistik, Timnas Indonesia lebih banyak melakukan pelanggaran yaitu sebanyak 10 kali. Wasit juga melayangkan empat kartu kuning kepada para pemain Timnas Indonesia di antaranya; Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, dan Yabes Roni.

    Media asal Vietnam, 24h.com.vn, memberi komentar menarik tentang cara bermain Timnas Indonesia. Mereka menyebut Indonesia bermain 'kungfu'. Bahkan, mereka juga menampilkan beberapa pelanggaran yang dilakukan Asnawi Mangkualam dan kolega.

     

    2 dari 3 halaman

    Banyak Duel Keras

    Timnas Indonesia bermain dengan cara yang berbeda jika dibanding pada dua laga sebelumnya. Pelatih Shin Tae-yong meminta anak asuhnya untuk bertahan dengan rapat. Para pemain Indonesia pun sering melakukan duel.

    Pada awal-awal laga, Ricky Kambuaya sempat melakukan duel dengan Nguyen Quang Hai. Tapi, aksinya luput dari pengamatan wasit. Tim pelatih Vietnam sempat protes keras atas kejadian tersebut.

    Sepanjang laga, ada empat kartu kuning yang diterima pemain Indonesia. Sementara, di kubu Vietnam, hanya ada satu kartu kuning.

    3 dari 3 halaman

    Nguyen Cong Phuong Jadi Korban

    Permainan keras yang dilakukan Timnas Indonesia memakan korban. Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengatakan bahwa dia harus mengganti penyerang Nguyen Cong Phuong pada awal babak kedua karena mengalami cedera.

    "Cong Phuong bertabrakan dengan pemain Indonesia. Setelah babak pertama, Cong Phuong meminta pergantian pemain. Mungkin kita bisa kembali ke hotel untuk memeriksa cederanya," kata Park Hang-seo.

    Cong Phuong digantikan Nguyen Tien Linh. Selama berada di lapangan, peran Cong Phuong sangat penting. Dia menjadi target-man. Tapi, pressing ketat Rizky Ridho dan Fachruddi Aryanto membuatnya tak berdaya.

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 16/12/2021)

    Video Populer

    Foto Populer