Sukses


    Piala AFF 2020: Jika Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott Bela Timnas Indonesia, Malaysia Bisa Lebih Cemas

    Bola.com, Jakarta - Kekuatan Timnas Indonesia bisa bertambah saat melawan Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Minggu (19/12/2021).

    Ada kemungkinan Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott turun pada laga ini. Namun dengan catatan. Baggott jika hasil tes menyatakan dia negatif virus corona setelah masa karantina berakhir pada Sabtu (18/12/2021).

    Sedangkan Egy, dia baru dilepas klubnya, FK Senica, Slovakia setelah putaran pertama kompetisi rampung besok. Jika penerbangan sesuai jadwal dan tes virus corona dinyatakan negatif, dia bisa turun di laga tersebut.

    Mantan bek Arema dan Timnas Indonesia, Kuncoro mengakui jika Egy dan Baggott tampil, itu sangat menguntungkan.

    “Mereka pemain bagus dengan pengalaman internasional yang bagus. Pasti efeknya besar juga untuk Indonesia. Secara teknis, kehadiran mereka membuat kekuatan Indonesia meningkat. Lawan pasti lebih kesulitan menghadapi Indonesia,” kata pria yang kini menjabat asisten pelatih Arema FC itu.

    Namun ada faktor lain yang juga bagus untuk Indonesia. Psikis pemain lawan, Malaysia juga beda saat Egy dan Baggott main. Mereka akan lebih terbebani. Apalagi Malaysia butuh kemenangan untuk lolos ke fase selanjutnya.

    “Bukannya mengesampingkan pemain lain, pastinya lawan akan berpikir dua kali jika makin banyak pemain dengan jam terbang internasional di Timnas Indonesia,” lanjutnya.

    2 dari 4 halaman

    Kualitas Eropa

    Secara kualitas, Baggott punya kemampuan di atas rata-rata stoper Indonesia. Pemain Ipswich Town, Inggris itu sangat tenang menghadapi lawan.

    Cara mainnya juga beda. Baggott bukan stoper yang asal buang bola ketika sudah menang duel dengan lawan. Akurasi umpannya juga bagus.

    “Biasanya dia lawan striker-striker kuat di kompetisi Inggris. Jadi dia lebih percaya diri saat melawan pemain di Asia Tenggara,” sambungnya.

    Sama halnya dengan Egy. Dia juga punya mental yang lebih bagus setelah kembali dari Slovakia. Egy sudah sering menghadapi pemain belakang yang lebih kukuh dari pemain Malaysia.

    3 dari 4 halaman

    Tinggal Melihat Kondisi Fisik

    Jika Egy dan Baggott bisa main lawan Malaysia, kelebihan lainnya mereka tak butuh adaptasi lagi.

    Saat persiapan mereka sudah sering bergabung dalam pemusatan latihan. Tinggal melihat kondisi fisik terakhirnya saja.Karena saat karantina bisa saja fisik Baggot menurun.

    Sedangkan Egy, baru melakukan perjalanan jauh dari Slovakia. Dia harus berjuang melakukan recovery agar lelahnya cepat hilang. Jika tidak, tentu akan berpengaruh dengan performanya di lapangan. 

     

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia

    Minggu, 19 Desember 2021:

    Malaysia Vs Timnas Indonesia

    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off: pukul 19.30 WIB
    • Siaran Langsung: RCTI
    • Live streaming: Vidio
    • Link live streaming: https://www.vidio.com/categories/215-aff-suzuki-cup

    Video Populer

    Foto Populer