Sukses


    Sudah Jalani Debut di Piala AFF 2020, Bek Arema FC Masih Beradaptasi dengan Sisi Lain Timnas Indonesia

    Bola.com, Singapura - Bek Arema FC, Rizky Dwi Febrianto, sudah menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Rizky sudah tampil ketika Tim Garuda menghadapi Vietnam, Rabu (15/12/2021).

    Tidak menutup kemungkinan Rizky Dwi Febrianto akan dimainkan lagi dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 ketika Tim Garuda menghadapi Malaysia, Minggu (19/12/2021) malam. Rizky bisa menjadi solusi ketika Asnawi Mangkualam sudah kelelahan.

    Bek berusia 24 tahun itu mengaku dalam kondisi yang bagus. Hanya saja dia masih dalam proses adaptasi bersama Timnas Indonesia.

    Rizky tak sempat mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Turki dan bergabung ketika Piala AFF 2020 sudah berjalan karena dia masuk dalam empat pemain yang menyusul langsung dari Indonesia ke Singapura.

    "Senang pastinya bisa bergabung bermain di Piala AFF. Tapi, sekarang masih proses adaptasi," ujar bek Timnas Indonesia itu.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 3 halaman

    Masih Penyesuaian

    Menurut Rizky, yang butuh penyesuaian lebih lama bukan hanya teknis di lapangan, tapi sisi lain dari kebiasaan yang diterapkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

    "Masih banyak peraturan yang belum saya mengerti. Sekarang masih coba membiasakan, seperti menunduk kalau bertemu pelatih dan kebiasaan lainnya," ujar mantan pemain Madura United dan Kalteng Putra itu.

    Beruntung Rizky sudah akrab dengan banyak pemain di Timnas Indonesia. Selain Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan yang sama-sama berasal dari Arema FC, ada beberapa pemain yang merupakan rekannya di Timnas Indonesia U-23. Jadi meski terlambat bergabung dan baru pertama di Timnas Indonesia, dia tidak merasa asing.

     

    3 dari 3 halaman

    Mertua Tak Tega Lihat Pertandingan

    Saat dipanggil di Piala AFF 2020, keluarga Rizky memberikan dukungan moril kepadanya. Sebelum pertandingan, dia menyempatkan diri melakukan video call, baik dengan orang tua maupun istrinya.

    Kini, keluarganya berdoa sambil menonton siaran langsung pertandingan Timnas Indonesia. Tapi, ada juga yang ternyata tak tega melihat Rizky bermain, yakni mertuanya.

    “Kalau orang tua dan istri nonton di televisi. Mertua yang tidak nonton. Katanya tidak tega melihat menantunya jatuh bangun di lapangan,” ujarnya.

    Bermain di posisi bek kanan, Rizky sering jatuh bangun membuang bola. Ini yang sepertinya membuat mertuanya khawatir jika melihat langsung. Sementara orang tua Rizky tentu sudah biasa dengan pekerjaan putranya.

    Video Populer

    Foto Populer