Sukses


    Reaksi Ketua PSSI Setelah Timnas Indonesia Meledak di Ranking FIFA Usai Perkasa di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meledak di ranking FIFA per 23 Desember 2021. Tim berjuluk Skuad Garuda itu menyabet dua atribut sekaligus.

    FIFA mengumumkan bahwa Timnas Indonesia menjadi negara dengan peningkatan poin terbesar pada ranking terbaru FIFA. Selain itu, Skuad Garuda juga dinobatkan sebagai negara Asia yang paling berkembang berdasarkan poin yang didapat.

    Sejak 19 November 2021, Timnas Indonesia meraup 11,13 poin, tertinggi di antara negara-negara raksasa di Eropa, Amerika Selatan, hingga Asia.

    "Jika dilihat dari bulan lalu, tim Asia yang paling berkembang adalah Timnas Indonesia," tulis FIFA dalam pemberitaan di lamannya, Kamis (23/12/2021).

    Posisi Timnas Indonesia juga membaik di ranking FIFA. Skuad Garuda melangkah dua tangga menjadi peringkat ke-164.

    "Kami apresiasi dan sangat bangga dengan pencapaian Timnas Indonesia di peringkat FIFA," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dinukil dari laman PSSI.

    "Tentu ini berkat kerja keras pemain, pelatih dan seluruh komponen ofisial. PSSI terus mendukung program dari pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi Timnas Indonesia," ujar Iriawan.

    Keberhasilan Timnas Indonesia mendapatkan label negara dengan peningkatan poin terbesar dan negara Asia yang paling berkembang pada ranking FIFA Desember 2021 tidak lepas dari penampilan perkasa di Piala AFF 2020.

    2 dari 4 halaman

    Belum Terkalahkan di Piala AFF 2020

    Laju Timnas Indonesia di Piala AFF masih belum ternoda dengan raihan tiga kemenangan dan dua seri dalam enam partai. Saat ini, Skuad Garuda tengah menatap laga semifinal leg kedua kontra Singapura pada Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

    Meski tidak masuk Kalender FIFA, Piala AFF tetap masuk sebagai turnamen internasional kategori A sehingga pertandingannya tetap dihitung poin untuk ranking FIFA.

    Akun @FootyRankings di Twitter rutin menyediakan perolehan poin dari setiap pertandingan di Piala AFF. Bola.com menghitung Timnas Indonesia memperoleh 8,34 poin buah dari empat kemenangan dan dua imbang di Piala AFF.

    Poin Timnas Indonesia itu belum diakumulasi dari hasil uji coba melawan Myanmar pada 25 November 2021 yang masuk kategori FIFA A Match. Pada latih tanding itu, Evan Dimas dkk. menang besar 4-1.

    Dua atribut yang didapatkan Timnas Indonesia dalam ranking FIFA tidak lepas dari minimnya pertandingan atau turnamen yang digelar pada 19 November-23 Desember 2021. Sehingga, Skuad Garuda terlihat lebih mencolok ketimbang negara-negara lainnya.

    3 dari 4 halaman

    Perolehan Poin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Versi Footy Rankings

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja: 2,42 Poin
    • Laos Vs Timnas Indonesia: 2,13 Poin
    • Timnas Indonesia Vs Vietnam: 1,01 Poin
    • Malaysia 1-4 Timnas Indonesia: 2,73 Poin
    • Singapura Vs Timnas Indonesia: 0,05 Poin
    4 dari 4 halaman

    Jadwal Leg Kedua Timnas Indonesia Vs Singapura

    Leg Kedua Babak Semifinal Piala AFF 2020

    • Timnas Indonesia Vs Singapura
    • Sabtu, 25 Desember 2021
    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off 19.30 WIB
    • Live Streaming Vidio

    Video Populer

    Foto Populer