Sukses


    Regulasi yang Terancam Dilanggar Iwan Bule jika Masuk Ruang Ganti Timnas Indonesia Vs Thailand di Final Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan tengah menunggu izin dari AFF untuk masuk ruang ganti Timnas Indonesia di babak final Piala AFF 2020. Namun, permintaan dari pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu terbilang kecil untuk disetujui. Mengapa?

    Regulasi Piala AFF 2020 Bagian 6 tentang Delegasi Resmi Tim poin 32.2 berisikan "Tim harus memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak berwenang yang diizinkan masuk ke ruang ganti tim, lapangan permainan, atau area akses terkendal lainnya tanpa memiliki kartu akreditas yang diperlukan".

    Lantas, apakah Iriawan terdaftar dalam ofisial Timnas Indonesia? Jika tidak, pria berusia 59 tahun itu akan melanggar regulasi Piala AFF seperti terlampir dalam regulasi 32.1.

    "Semua pemain dan ofisial yang berpartisipasi dari delegasi resmi tim akan diberikan kartu akreditasi yang disahkan oleh Sekjen AFF," bunyi regulasi itu.

    Setiap tim maksimal mempunyai 11 ofisial, termasuk manajer tim, petugas keamanan, tim medis, dan media officer berbahasa Inggris.

    Andai termasuk ke dalam 11 ofisial Timnas Indonesia itu pun, Iriawan harus telah didaftarkan sejak 30 haru sebelum Piala AFF dimulai sesuai dengan peraturan tentang Registrasi Ofisial Tim. Artinya, namanya wajib masuk ke penyelenggara pada 5 November 2021 mengacu pada pembukaan turnamen pada 5 Desember 2021.

    "Tim harus mendaftarkan maksimal sebelas ofisial selambat-lambatnya 30 haru sebelum dimulainya turnamen dengan ketentuan bahwa jumlah ofisial yang ditunjuk dapat dikurangi atas perintah komite turnamen," tulis regulasi poin 33.1.

    Namun, Iwan Bule punya celah untuk memanfaatkan regulasi Piala AFF 2020 bila memaksa masuk ke ruang ganti Timnas Indonesia berpegangan terhadap peraturan nomor 33.4.

    "Dengan biaya sendiri, setiap tim dapat mencalonkan hingga sembilan ofisial tambahan yang akan menerima akses ke semua area turnamen. Namun, jumlah total ofisial yang duduk di bench tidak boleh lebih dari 12 ofisial sebagaimana dikonfirmasi dalam daftar susunan pemain yang diserahkan sebelum dimulainya pertandingan," bunyi regulasi poin 33.4.

    2 dari 3 halaman

    Iwan Bule Terbang ke Singapura pada 31 Desember 2021

    Iriawan menjadwalkan penerbangan ke Singapura pada 31 Desember 2021. Dia bakal melewatkan partai pertama, namun akan mendukung secara langsung Timnas Indonesia pada leg kedua.

    Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam partai puncak Piala AFF pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 di National Stadium, Kallang.

    Nah, untuk pertemuan kedua itu, Iriawan mengatakan telah mengajukan permintaan khusus ke AFF untuk dapat masuk ke ruang ganti Timnas Indonesia.

    Iriawan mengungkapkan rencananya itu ketika melakukan video call dengan para pemain Timnas Indonesia, termasuk Asnawi Mangkualam, yang diunggah di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84 pada Senin (27/12/2021).

    "Pokoknya saya berdoa dari sini, saya kalau jadi," kata Iriawan, yang dipotong oleh Asnawi. "Kapan ke sini Pak," ujar Asnawi bertanya. "Saya pada 31 Desember 2021 ke Singapura," lanjut Iriawan.

    "Saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian, saya sedang izin ke AFF. Main bagus semuanya, Asnawi dan Egy Maulana Vikri luar biasa. Evan Dimas, kamu top," imbuh Iriawan.

    3 dari 3 halaman

    Ucapan Iwan Bule tentang Rencana Masuk ke Ruang Ganti Timnas Indonesia

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Mochamad Iriawan - Iwan Bule (@mochamadiriawan84)

    Video Populer

    Foto Populer