Sukses


    Shin Tae-yong Dijamin Tetap Melatih Timnas Indonesia Apa Pun Hasil di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menggaransi posisi Shin Tae-yong. Dia memastikan pelatih asal Korea Selatan itu tetap akan menangani Timnas Indonesia sekalipun gagal menjuarai Piala AFF 2020.

    Mayoritas netizen telah jatuh hati kepada Shin Tae-yong. Warganet menganggap juru taktik berusia 51 tahun itu dapat memberikan secercah harapan bagi masa depan Timnas Indonesia.

    Di tangan Shin Tae-yong, wajah Timnas Indonesia berubah drastis. Mental, fisik, stamina, dan permainan para pemain terus meningkat. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga berhasil mengorbitkan darah muda penuh gairah.

    Di media sosial, netizen berbondong-bondong meminta PSSI untuk tidak memecat Shin Tae-yong andai Timnas Indonesia kalah dari Thailand pada babak final Piala AFF.

    Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam dua leg pada Rabu (29/12/2021) dan 1 Januari 2022 malam WIB di National Stadium, Kallang.

    "Saya jadi bingung siapa yang mau mengganti Shin Tae-yong? Kontraknya itu empat tahun bersama Timnas Indonesia. Mana ada sepak bola instan," kata Iriawan dalam wawancaranya di YouTube KOMPAS TV pada 26 Desember 2021.

    2 dari 3 halaman

    PSSI Tetap Akan Evaluasi Shin Tae-yong

    Timnas Indonesia juara Piala AFF atau tidak, Iriawan tetap akan mengevaluasi Shin Tae-yong. Namun, bentuk penilaiannya bukan untuk mengganti, melainkan mencari kelebihan dan kelemahan Timnas Indonesia.

    "Shin Tae-yong baru menjalani kontrak selama dua tahun, namun sudah menunjukkan hasil yang lumayan, cukup bagus," imbuh Iriawan.

    "Namun, dalam setiap laga, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan pemusatan latihan di Turki, pasti itu kemi evaluasi."

    "Kenapa bisa bermain begini, kenapa bisa begitu. Kok bisa menang, kok bisa kalah. Itu wajar. Ada pendapat dari publik bahwa evaluasi itu mengganti Shin Tae-yong, itu tidak."

    "Jadi kami punya tim yang isinya Direktur Teknik dan anggota Komite Eksekutif PSSI, begitu Piala AFF selesai, pasti kami mengadakan rapat evaluasi."

    "Kami melihat apa kelebihan dan kekurangan Timnas Indonesia. Kalau kekurangan diperbaiki, kalau kelebihan ditingkatkan. Begitulah kira-kira," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

    Shin Tae-yong menandatangani kontrak berdurasi empat tahun pada Desember 2019 untuk menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia. Kesepakatannya dengan PSSI baru akan berakhir pada 31 Desember 2023.

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Final Piala AFF 2020

    Leg Pertama Final Piala AFF 2020

    • Timnas Indonesia Vs Thailand
    • Rabu, 29 Desember 2021
    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off 19.30 WIB
    • Live Streaming Vidio

    Leg Kedua Final Piala AFF 2020

    • Thailand Vs Timnas Indonesia
    • Sabtu, 1 Januari 2022
    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off 19.30 WIB
    • Live Streaming Vidio

    Video Populer

    Foto Populer