Sukses


    Timnas Indonesia Tidak Perlu Muluk-muluk Comeback di Leg II Final Piala AFF 2020: Bisa Menang Tipis atas Thailand Saja Sudah Bagus

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan telak dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020. Bermain di National Stadium, Singapura, tim Merah-putih dibantai 0-4 oleh Thailand, Rabu (29/12/2021) malam WIB.

    Empat gol bersarang ke gawang Timnas Indonesia dicetak oleh kapten Thailand, Chanathip Songkrasin yang memborong dua gol (menit dua dan 53). Gol tambahan Thailand lahir dari kaki Supachok Sarachat menit ke-68 dan diakhiri gol Bordin Phala tujuh menit menjelang waktu normal usai.

    Praktis, hasil itu membuat anak asuh Shin Tae-yong memiliki pekerjaan rumah yang sangat sulit. Bagaimana tidak? Timnas Indonesia harus membalas kekalahan minimal menang 5-0 pada leg kedua final Piala AFF 2020 yang akan dimainkan Sabtu (1/1/2022) mendatang.

    Hal itu jelas menjadi sebuah pekerjaan yang tidak mudah bagi Witan Sulaeman dkk. Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo menilai bahwa Timnas Indonesia harus realistis untuk pertemuan kedua nanti. Menurutnya, peluang untuk Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 masih ada, namun sangat kecil.

    “Leg kedua jangan berpikiran untuk jadi juara, tapi bagaimana agar bisa main tenang strategi berjalan, atraktif, dan minimal bisa mengalahkan Thailand. Jangan muluk-muluk berpikir juara dulu deh. Menang 1-0 atau 2-0 saja sudah cukup menghapus kekecewaan hasil leg pertama kok. Itu sudah akan menghibur masyarakat Indonesia," terang Aris Budi Sulistyo kepada Bola.com.

     

    2 dari 3 halaman

    Soal Mental

    Timnas Indonesia terancam kembali menjadi runner-up di ajang Piala AFF untuk yang keenam kalinya. Dalam situasi tertinggal empat dari Thailand pada leg pertama final, cukup sulit untuk membalikkan keadaan di 90 menit kedua.

    Untuk itu, Aris Budi Sulistyo menganggap Timnas Indonesia harus bisa memaksimalkan pertemuan kedua nanti dengan cara bermain yang lebih baik. Menurutnya, komposisi pemain maupun strategi yang diterapkan pelatih Shin Tae-yong sudah cukup baik.

    “Tidak perlu merubah strategi, taktik, dan komposisi pemain, tapi ini soal mental kok, bukan permainan. Lihat saja Timnas Indonesia juga punya banyak peluang untuk mencetak gol. Mereka bisa tampil menyerang dan mengancam pertahanan lawan,” tegas pria yang membawa Persik promosi ke ISL musim 2013.

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Final Leg II Piala AFF 2020

    Final leg kedua:

    Thailand Vs Timnas Indonesia

    • Sabtu, 1 Januari 2022
    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off: 19.30 WIB
    • Siaran langsung: RCTI dan iNews
    • Live streaming: Vidio

    Video Populer

    Foto Populer