Sukses


    Polemik Rencana Masuk Ruang Ganti Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020, Iwan Bule: Kayak Bapak Ketemu Anak-anaknya

    Bola.com, Bogor - Keinginan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, untuk masuk ruang ganti Timnas Indonesia pada final Piala AFF 2020 berujung polemik. Rencana pria yang biasa dipanggil Iwan Bule itu ditentang netizen dengan beragam alasan.

    Pertama, Iriawan dianggap dapat mengganggu konsentrasi para pemain Timnas Indonesia. Kedua, Iwan Bule terancam melanggar regulasi Piala AFF.

    Iriawan hendak masuk ruang ganti Timnas Indonesia pada leg kedua partai final Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

    Iriawan menganggap niatannya itu sebagai sesuatu yang wajar. Sebab, pensiunan Komjen Pol. tersebut memposisikan diri sebagai ayah dari Asnawi Mangkualam dkk.

    "Itu yang ramai sekali. Namun, buat saya tidak masalah. Namanya seorang bapak menyampaikan," kata Iriawan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (30/12/2021) malam WIB.

    "Saya tahu kok, sampai dipolitisasi segala macam. Itu hak dan pendapat mereka. Yang jelas itu saja. Bagaimana saya dekat dengan anak-anak seperti anak saya sendiri," jelas Iriawan.

    2 dari 4 halaman

    Sebagai Bentuk Dukungan

    Iriawan mengklaim rencana mengunjungi ruang ganti Timnas Indonesia sebagai bentuk dukungan. Selama di Piala AFF, pria berusia 59 tahun itu hanya dapat berkomunikasi dengan para pemain melalui sambungan telepon dan video call.

    "Artinya saya memberikan support dan semangat kepada mereka. Ini seperti keinginan orang tua bertemu dengan anaknya dan memberikan semangat," tutur Iriawan.

    "Saya nothing to lose saja. Yang jelas itu tujuan saya, tidak ada yang lain-lain. Yang namanya netizen, namanya beda pendapat tidak ada masalah. Saya tetap tulus saja ke mereka seperti anak. Setiap saat berkomunikasi," ungkapnya.

    3 dari 4 halaman

    Iwan Bule Sakit

    Iriawan mengaku sedang sakit. Dia juga belum tidur pasca-Timnas Indonesia dihajar Thailand 0-4 dalam laga leg pertama final Piala AFF pada Rabu (29/12/2021) malam WIB.

    Padahal, Iriawan berencana untuk berangkat ke Singapura pada Jumat (31/12/2021) atau hari ini. Dia mau mendukung Timnas Indonesia secara langsung sekaligus memenuhi keinginannya masuk ke ruang ganti.

    "InsyaAllah nanti lihat perkembangan. Terus terang, saya belum tidur. Biasa saya memang begitu, saya terlalu mikir," imbuh Iriawan.

    "Lihat perkembangan nanti. Kalau kondisi tubuh saya bagus, saya akan berangkat. Saya belum tes PCR juga. Kalau situasi tidak memungkinkan, ketimbang menyusahkan nanti, sampai di sana dikarantina, malah tidak nonton."

    "Saya akan lihat perkembangan nanti akan berangkat ke Singapura atau tidak. Sebab pesawat ke Singapura sampai sore."

    "Ini saya agak flu tapi paksakan datang ke Grand Final Liga 2 sebab awalnya Presiden Jokowi mau hadir, tapi tidak jadi diwakili oleh Menpora Zainudin Amali. Kalau saya tidak datang, tidak enak dengan Menpora," tuturnya.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Final Piala AFF 2020

    Leg Kedua Final Piala AFF 2020

    • Thailand Vs Timnas Indonesia
    • Sabtu, 1 Januari 2022
    • National Stadium, Kallang
    • Kick-off 19.30 WIB
    • Live Streaming Vidio

    Video Populer

    Foto Populer