Sukses


    Jadi Kampiun Piala AFF 2020, Thailand Diklaim Sudah Layak Tampil di Piala Dunia

    Bola.com, Singapura - Thailand berhasil menjadi kampiun Piala AFF 2020. Keberhasilan itu membuat skuad berjulukan Gajah Putih sudah siap untuk tampil di level yang lebih tinggi seperti Piala Dunia.

    Thailand menjuarai Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat 6-2. Rinciannya adalah Timnas Thailand memenangi leg 1 dengan skor 4-0 (29/12/2021) dan bermain imbang 2-2 pada leg 2 (1/1/2022) di National Stadium.

    Legenda Thailand, Witthaya Laohakul, menyebut level yang dimiliki skuad Alexandre Polking sudah jauh untuk standar Asia Tenggara. Thailand disebut sudah layak bermain di Piala Dunia.

    "Semua pemain di tim ini sudah memiliki kemampuan pribadi yang berkualitas tinggi. Saya pikir ini adalah modal yang sangat kuat," kata Witthaya Laohakul seperti dikutip Siam Sport.

    "Saya yakin kami akan berkembang dan menjadi bermain lebih sebagai sebuah tim dan naik ke level tinggi, Asia atau bermain di Piala Dunia juga. Saya ingin melihat anak-anak muda ini bermain di Piala Dunia," jelas Witthaya Laohakul yang membela Thailand 1975-1985 itu.

    Pernyataan Witthaya Laohakul tentu tak sesumbar. Thailand kini menjadi raja di Asia Tenggara sebagai tim paling sukses dengan raihan enam gelar Piala AFF 2020.

    2 dari 3 halaman

    Bidik Target Selanjutnya

    Pelatih Thailand, Alexandre Polking, menyambut antusias gelar Piala AFF 2020. Namun, Polking menegaskan timnya tak ingin cepat puas dan membidik Piala Asia hingga lolos Piala Dunia sebagai target selanjutnya.

    Pelatih Alexandre Polking menyebut, Thailand masih harus bekerja keras untuk bisa lebih berkembang lagi. Polking tak ingin, skuad berjulukan Gajah Perang itu hanya jadi penguasa di kawasan Asia Tenggara saja.

    "Kami masih harus bekerja keras karena tidak hanya ingin mampu memenangi Piala AFF. Memang bagus kami membuat cap juara di turnamen bergengsi ini. Kami sekarang menjadi nomor 1 di Asia Tenggara," kata Alexandre Polking dalam konferensi pers usai laga.

    "Akan tetapi, kami ingin lebih dan tidak ingin menang di sini kemudian tak punya peluang di Kualifikasi Piala Asia atau Piala Dunia. Masih ada kerja keras yang dibutuhkan dan kami harus yakin bisa melakukannya," ujar pelatih 45 tahun itu.

    3 dari 3 halaman

    Gelar Keenam

    Keberhasilan Thailand menjuarai Piala AFF 2020 mencetak sejarah baru. Gelar yang diraih Thailand itu menjadi yang keenam diraih secara keseluruhan.

    Thailand menjadi tim dengan gelar terbanyak di Piala AFF. Pencapaian itu diraih pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020.

    Adapun bagi Timnas Indonesia, kekalahan ini menjadi kegagalan keenam kalinya di Piala AFF. Timnas Garuda menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

    Video Populer

    Foto Populer