Sukses


    Keok dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, 2 Pelatih Ini Putuskan Mundur

    Bola.com, Jakarta - Dua pelatih memutuskan mundur setelah gagal menorehkan prestasi di Piala AFF 2020. Kedua pelatih tersebut adalah Tatsuma Yoshida (Timnas Singapura) dan Tan Cheng Hoe (Timnas Malaysia).

    Yoshida lebih dulu mundur dari posisi pelatih Singapura. Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) pada 28 Desember 2021 mengumumkan pengunduran diri pria asal Jepang itu sebagai pelatih kepala.

    Kabar tersebut cukup mengejutkan. Sebab, walau sempat mendapat banyak kritik atas performa pada fase grup Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida mampu membawa Singapura melaju ke semifinal. Tetapi, keputusan sudah dibuat Yoshida dan FAS.

    Menyusul Yoshida, Tan Cheng Hoe juga mundur dari posisi pelatih Timnas Malaysia. FAM (Federasi Sepak Bola Malaysia) mengumumkan pengunduran diri pelatih berusia 53 tahun tersebut pada Senin (3/1/2021).

    Ada persamaan di balik pengunduran diri Tatsuma Yoshida dan Cheng Hoe dari jabatannya sebagai pelatih di Piala AFF 2020.

     

    2 dari 3 halaman

    Korban Timnas Indonesia

    Yoshida membawa Singapura melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Capaian ini dianggap cukup bagus. Apalagi, dia memberi kepercayaan kepada sejumlah pemain muda untuk menjadi pilar tim berjulukan The Lions tersebut.

    Singapura harus menyudahi kiprahnya di Piala AFF 2020 pada semifinal. Sebab, The Lions kalah agregat 3-5 dari Timnas Indonesia. Imbang 1-1 pada leg pertama, lalu kalah 2-4 pada leg kedua.

    Kekalahan 2-4 dari Indonesia menjadi laga terakhir Tatsuma Yoshida sebagai pelatih Timnas Singapura. Ini adalah duel yang sangat menarik. Walau tiga pemainnya menerima kartu merah, Singapura tampil sangat heroik.

    Tetapi, alasan Yoshida mundur bukan sepenuhnya karena kekalahan itu. Pelatih berusia 47 tahun itu mundur karena ingin meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga.

     

    3 dari 3 halaman

    Cheng Hoe Mundur karena Gagal

    Sama seperti Yoshida, Tan Cheng Hoe memainkan laga terakhirnya sebagai pelatih Malaysia dalam duel melawan Indonesia. Hasilnya pun sama, kalah. Malaysia kalah dengan skor 1-4 dari Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup B.

    Hasil minor tersebut sekaligus menandai kegagalan Malaysia di Piala AFF 2020. Sebab, kekalahan itu membuat Malaysia gagal lolos ke semifinal. Padahal, mereka berstatus satu di antara tim unggulan.

    Kegagalan di Piala AFF menjadi alasan mengapa Cheng Hoe memilih mundur.

    "Cheng Hoe sempat berdiskusi dengan FAM dan mengungkapkan niatnya menyusul kegagalan melaju ke semifinal Piala AFF," tulis situs resmi FAM.

    Sumber: FAS, FAM

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 03/01/2021)

    Video Populer

    Foto Populer