Sukses


    Shin Tae-yong Sudah Move On, Langsung Ajak Timnas Indonesia Bertarung untuk Piala AFF 2022

    Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak ingin larut dalam kekecewaan setelah gagal mempersembahkan gelar Piala AFF 2020. Dia mengaku sudah move on dan membidik kesuksesan di Piala AFF 2022.

    Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2020 setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand. Rinciannya adalah Skuad Garuda kalah 0-4 pada leg pertama (29/12/2021) dan imbang 2-2 pada leg kedua (1/1/2022).

    Shin Tae-yong mengaku tak menyesali kegagalannya di Piala AFF 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu menatap optimistis masa depan Timnas Indonesia yang mengalami perkembangan pesat.

    ''Piala AFF 2020 telah berakhir. Mohon maaf, namun saya tidak menyesal. Pemain kami, para staf, dan pelatih telah menjadi rekan yang baik untuk saya,'' kata Shin Tae-yong di akun Instagram-nya.

    "Terima kasih banyak untuk semuanya. Ayo, berganti fokus ke Piala AFF 2022. Ayo bertarung Timnas Indonesia," tegas eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

    AFF sebagai penyelenggara Piala AFF 2022 belum mengonfirmasi jadwal resmi turnamen tersebut. Namun, Shin Tae-yong kini dihadapkan pada tugas untuk membantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 pada babak kualifikasi yang digelar 8 hingga 14 Juni 2022.

    2 dari 3 halaman

    Pastikan Bertahan

    Spekulasi masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia telah berakhir. Arsitek asal Korea Selatan itu tidak akan ke mana-mana setelah Piala AFF 2020.

    Shin Tae-yong memastikan bakal tetap menangani Timnas Indonesia. Saat ini, Shin Tae-yong terikat kontrak hingga 31 Desember 2023.

    "Simple saja penjelasan dari saya. Jadi, saya punya kontrak dengan PSSI sampai 31 Desember 2023. Mungkin para penggemar bisa juga tidak tahu," ucap Shin Tae-yong.

    "Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena tidak ada yang bisa memecat saya. Atau jika saya mengundurkan diri pun, pasti ada denda," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut. 

    3 dari 3 halaman

    Digaransi Menpora

    Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memberikan garansi terhadap nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pelatih Korea Selatan itu disebut telah membawa dampak positif untuk sepak bola Tanah Air.

    Ini sekaligus menjadi sinyal garansi dari Zainudin Amali terkait nasib Shin Tae-yong. Meskipun gagal memberikan gelar Piala AFF 2020,, sang pelatih tetap akan dipertahankan sampai kontraknya berakhir.

    "Pemain yang bermain di Piala AFF 2020 ini sebagian besar adalah pemain muda. Dan saya lihat di bawah pelatih Shin Tae-yong mereka memiliki perkembangan yang luar biasa. Jadi saya tetap optimistis terhadap masa depan mereka bersama timnas," ucap Zainudin Amali.

    Video Populer

    Foto Populer