Sukses


    8 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang Bisa Tampil di Piala AFF U-23 2022: Jadi Tulang Punggung!

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala AFF U-23 2022 yang bakal digelar di Kamboja pada 14 hingga 26 Februari 2022. Dari skuad di Piala AFF 2020, setidaknya ada sembilan pemain Timnas Indonesia yang bisa bergabung bersama tim U-23 untuk kompetisi tersebut.

    Timnas Indonesia U-23 merupakan juara bertahan Piala AFF U-23, di mana Asnawi Mangkualam dkk. menjadi juara pada gelaran Piala AFF U-22 2019. Namun, sebagai juara bertahan, tentu Tim Garuda Muda tidak akan ada di grup yang mudah di Piala AFF U-23 2022.

    Timnas Indonesia U-23 akan berada di grup yang sama dengan Malaysia, yang selalu menjadi rival di kawasan Asia Tenggara. Kedua tim berada di Grup B bersama Myanmar dan Laos.

    Dari hasil drawing fase grup Piala AFF U-23 2022, 11 tim dibagi menjadi tiga grup berbeda. Berikut pembagian peserta dalam tiga grup di Piala AFF U-23 2022.

    Grup A: Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam

    Grup B: Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Laos

    Grup C: Thailand, Vietnam, dan Singapura

    Shin Tae-yong kemungkinan besar akan tetap mengandalkan sebagian pemain dari skuad Piala AFF 2020 untuk tampil di Piala AFF U-23. Hanya saja, dia menyebut para pemain yang tampil di luar negeri tidak akan ambil bagian.

    Dengan demikian, nama-nama seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Asnawi Mangkualam, kemungkinan besar bakal absen.

    Namun, ada delapan pemain dari skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang bisa tampil di Piala AFF U-23 2022. Siapa saja mereka?

     

     

    2 dari 9 halaman

    Ramai Rumakiek

    Ramai Rumakiek memberi kejutan besar di Piala AFF 2020. Diperkirakan bakal kesulitan bersaing di starting XI, Rumakiek justru tampil sangat bagus. Rumakiek mencetak satu gol di Piala AFF 2020.

    Rumakiek masih berusia 19 tahun. Winger Persipura Jayapura itu jelas bisa menjadi tumpuan bagi lini depan Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 nanti. Rumakiek kini sudah punya pengalaman yang matang.

     

    3 dari 9 halaman

    Ernando Ari

    Ernando Ari sama sekali tidak bermain di Piala AFF 2020. Harusnya dia yang berada di bawah mistar Timnas Indonesia saat berjumpa Vietnam di fase grup. Tapi, dia mengalami cedera saat pemanasan dan harus diganti Nadeo Argawinata.

    Ernando Ari baru berusia 19 tahun. Dia bisa bermain di Piala AFF U-23 2022 nanti. Persebaya Surabaya sepertinya juga tidak keberatan melepas Ernando Ari karena masih punya Satria Tama dan Andhika Ramadhani.

     

    4 dari 9 halaman

    Pratama Arhan

    Pratama Arhan mencuri perhatian publik sepak bola Asia Tenggara dengan performa apik di Piala AFF 2020. Meski gagal membawa Timnas Indonesia ke podium juara, Arhan menyabet gelar Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020.

    Arhan mencetak dua gol dan dua assist di Piala AFF 2020. Usianya baru 20 tahun. Jadi, sudah pasti nama Arhan bisa masuk dalam skuad Indonesia untuk Piala U-23 nanti.

     

    5 dari 9 halaman

    Rizky Ridho

    Rizky Ridho sudah bekerja sama dengan Shin Tae-yong sejak Timnas Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Rizky Ridho juga acap kali menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 lalu.

    Bek tengah Persebaya Surabaya itu baru berusia 20 tahun. Dia masih bisa bermain di Piala AFF U-23. Kehadiran Rizky Ridho bakal sangat penting. Sebab, dia telah berkembang sebagai pemain yang matang.

     

    6 dari 9 halaman

    Alfeandra Dewangga

    Duet ideal untuk Rizky Ridho di lini belakang Timnas Indonesia pada Piala AFF U-23 nanti tentu adalah Dewangga. Pemain asal klub PSIS Semarang itu baru berusia 20 tahun. Performanya sangat apik di Piala AFF 2020.

    Dewangga bisa memberi banyak opsi bagi Shin Tae-yong. Sebab, pemain PSIS Semarang punya kemampuan yang istimewa dalam mengeksekusi strategi dan peran yang diberikan.

     

    7 dari 9 halaman

    Muhammad Riyandi

    Muhammad Riyandi adalah bagian dari skuad Timnas Indonesia saat menjadi juara Piala AFF U-22 2019. Kiper asal Barito Putera itu masih bisa bermain pada edisi 2022 nanti karena dia masih berusia 22 tahun.

    Riyandi punya pengalaman bermain yang sangat banyak. Bahkan, dia sudah pernah tampil untuk tim nasional senior, walau tak sekalipun dimainkan pada Piala AFF 2020 lalu. Riyandi diprediksi akan masuk dalam skuad Piala AFF U-23 2022 nanti.

     

    8 dari 9 halaman

    Hanis Saghara

    Hanis Saghara tampil menjanjikan dalam laga uji coba jelang Piala AFF 2020. Ia pun beberapa kali bermain sebagai pengganti di Piala AFF 2020. Namun, tak satu pun gol berhasil dicetaknya.

    Saghara baru berusia 22 tahun. Dia masih bisa masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022. Saghara, dengan pengalaman tampil di level senior, bisa menjadi tumpuan di lini depan.

     

    9 dari 9 halaman

    Rachmat Irianto

    Jika masuk dalam skuad, maka Piala AFF U-23 2022 akan menjadi turnamen kelompok umur terakhir bagi Rachmat Irianto. Ia sudah berusia 22 tahun dan selanjutnya hanya bisa tampil di level senior.

    Rachmat Irianto menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia selalu masuk dalam starting XI dalam laga fase grup hingga final. Jadi peluang Irianto dibawa ke Piala AFF U-23 bakal sangat besar.

     

    Video Populer

    Foto Populer