Sukses


    2 Kandidat Favorit Pengganti Tan Cheng Hoe di Timnas Malaysia, Ada Eks Pelatih PSM Makassar

    Bola.com, Kuala Lumpur - Tak sampai 24 jam setelah Tan Cheng Hoe mengundurkan diri, nama penggantinya di Timnas Malaysia mulai bermunculan. Sejauh ini, ada dua nama yang jadi kandidat favorit sebagai pelatih anyar skuad berjulukan Harimau Malaya itu.

    Tan Cheng Hoe memilih meletakkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Malaysia pada Senin (3/1/2022). Keputusan itu diambil sebagai bentuk tanggung jawab dari kegagalan di Piala AFF 2020.

    Seperti diketahui, Malaysia hanya mampu melaju sampai babak penyisihan grup di Piala AFF. Malaysia finis di urutan ketiga klasemen akhir Grup B setelah kalah 1-4 dari Timnas Indonesia pada laga pamungkas (19/12/2021).

    Menurut laporan Sinar Harian, dua kandidat favorit pelatih anyar Malaysia berasal dari luar negeri. Mereka adalah Brad Maloney (Australia) dan Bojan Hodak (Kroasia).

    Keduanya sudah tak asing dengan jejak karier di Malaysia. Brad Maloney saat ini merupakan pelatih Malaysia U-23 yang sudah berkarier di Negeri Jiran itu sejak 2014.

    Adapun Bojan Hodak juga punya catatan karier mengesankan di Malaysia. Eks pelatih PSM Makassar itu pernah menukangi sejumlah klub Malaysia semisal UPB-MyTeam, Kelantan, Johor Darul Ta'zim, Penang, Kuala Lumpur City, hingga Malaysia U-19.

    Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) tak ingin terburu-buru dalam menetapkan pilihan terhadap pelatih anyar Timnas Malaysia. Itu dilakukan agar Safawi Rasid benar-benar berada di tangan yang tepat.

    2 dari 3 halaman

    Segera Diputuskan

    Sekjen FAM, Mohd Saifuddin Abu Bakar, mengaku belum mengetahui siapa pelatih anyar Timnas Malaysia. Menurut dia, keputusan pemilihan pelatih anyar akan dibahas dalam Rapat Komite Nasional yang digelar dalam waktu dekat.

    "Saya tidak tahu mengenai Brad Maloney. Pasalnya, panitia yang akan memutuskan. Kami tidak tahu apa yang akan diputuskan oleh mereka," ucap Mohd Saifuddin Abu Bakar.

    "Hanya saya pertemuan itu akan diadakan dalam waktu dekat karena kami tidak punya banyak waktu. Dalam enam bulan kedepan, kami akan melalui Kualifikasi Piala Asia," tegas Mohd Saifuddin Abu Bakar.

    3 dari 3 halaman

    Respons Bojan Hodak

    Mantan pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, masuk daftar pengganti Tan Cheng Hoe di Timnas Malaysia. Bojan mengaku tak kaget dengan rumor yang beredar itu.

    Bojan Hodak yang kini menukangi Kuala Lumpur City memaklumi rumor yang mengaitkannya dengan Tim Harimau Malaya. Namun, pelatih asal Kroasia itu menyebut tak elok membicarakan masalah itu.

    "Saya tidak kaget karena memiliki musim yang baik dengan KL City. Saya juga pernah bekerja di B-20 dan beberapa klub di sini," kata Bojan Hodak seperti dikutip Stadium Astro.

    "Jadi, saya pikir tak ada orang di negara ini yang sukses dengan berbagai klub seperti saya. Itu hal biasa, sehingga tak mengherankan," ucap pelatih 50 tahun itu.

    Video Populer

    Foto Populer