Sukses


    Penuhi Tantangan Shin Tae-yong, Pratama Arhan Tertarik Main di Luar Negeri

    Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan, mengaku siap memenuhi tantangan dari pelatih Shin Tae-yong untuk berkarier di luar negeri. Namun, Arhan mengaku belum tahu akan berkarier di negara mana.

    Nama Pratama Arhan menjadi buah bibir sepanjang Piala AFF 2020. Bek kiriĀ PSIS Semarang itu tampil mengesankan bersama Timnas Indonesia.

    Popularitas Pratama pun melonjak berkat penampilan apiknya itu. Bahkan, kabarnya ada beberapa klub luar negeri yang sedang bernegosiasi untuk merekrut pemain berusia 20 tahun tersebut.

    "Saya yang penting ke luar negeri untuk untuk mencari pengalaman. Kalau soal pilihan negara, itu tergantung saran dari pelatih," kata Pratama Arhan.

    "Saya ikut arahannya saja. Saya juga sudah bicara dengan pelatih Shin Tae-yong," tegas pemain PSIS Semarang itu.

    Pratama Arhan juga mengklaim telah mendapatkan restu dari PSIS untuk melanjutkan karier di luar negeri. Saat ini, Arhan dalam posisi menunggu pinangan dari klub-klub luar negeri.

    2 dari 3 halaman

    Sabet Penghargaan Pemain Muda Terbaik

    Pratama Arhan mendapatkanĀ penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020. Penampilan Pratama dinilai luar biasa meski gagal mengantarkan Timnas Indonesia memenangi Piala AFF 2020.

    Berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan secara online, Pratama Arhan mendapatkan total 60.122 suara.Ā Sang pemain berhasil mengalahkan rekan setimnya Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, yang masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

    Sementara itu, Thanawat Suengchitthawon dari Thailand dan Sieng Chanthea dari Kamboja melengkapi lima besar. Ini tentu menjadi prestasi individu membanggakan buat Pratama Arhan.

    3 dari 3 halaman

    Nilai Pasar Melejit

    Pratama Arhan menduduki peringkat kedua dalam daftar market value pemain Timnas Indonesia atau harga pasar tertinggi berdasarkan perhitungan laman Transfermarkt. Jumlahnya naik sekitar Rp4 miliar dalam waktu kurang dari 12 bulan.

    Pelonjakan harga signifikan juga dialami Pratama Arhan yang terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020. Pemain berusia19 tahun itu kini memiliki harga pasar 325 ribu euro atau meningkat dari sebelumnya 250 ribu euro.

    Sebagai informasi tambahan, data yang diberikanĀ TransfermarktĀ tentu saja bukan nilai pasti yang dimiliki para pemain. Itu adalah acuan dasar bagi para klub peminat yang ingin melakukan transfer terhadap pemain Timnas Indonesia, yang artinya klub pemilik bisa saja menjualnya dengan harga lebih.

    Video Populer

    Foto Populer